MENU
icon label
image label
blacklogo

Era Baru, McLaren Luncurkan Mobil Listrik Untuk Tahun Depan

OCT 30, 2020@13:00 WIB | 519 Views

McLaren akan bertransisi ke era listrik tahun depan dengan mobil produksi seri pertama yang benar-benar baru sejak MP4-12C 2011, dan itu adalah hybrid plug-in.

Model baru tersebut akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun depan dan mulai dijual pada pertengahan tahun 2021. Ini akan berfungsi sebagai pengganti rangkaian Sport Series yang sudah lama ada, yang mencakup 540C, 570S, dan 600LT. Kisaran itu akan berakhir dengan segera diperkenalkannya GT4-racer-inspired 620R.

Perodusen berbasis Woking akan pindah ke subkategori High Performance Hybrid (HPH), diposisikan di antara McLaren GT dan model Super Series saat ini. Mobil baru ini secara efektif akan menggantikan 570S, tetapi harganya diperkirakan akan naik di atas harga mobil Sports Series saat ini.

Selain menggunakan pondasi baru yang kaya serat karbon, model yang belum disebutkan namanya ini akan menjadi McLaren modern pertama yang membuang mesin V8 twin-turbo 3.8 liter yang bersumber dari Ricardo. Sebagai gantinya akan ada powertrain rakitan Ricardo: V6 twin-turbocharged yang dipadukan dengan sistem hybrid plug-in yang diklaim menawarkan "tingkat kinerja yang menakjubkan dan pengalaman berkendara yang intens dan unik".

Beberapa detail dari spesifikasi utama powertrain telah terungkap, selain itu akan menampilkan jalan listrik murni “jarak menengah”, yang akan mencapai jarak kurang dari 20 mil. Total output sistem akan lebih besar dari 562bhp yang ditawarkan oleh 570S dan diharapkan bisa melebihi 600bhp. Peningkatan besar dalam torsi, yang dimungkinkan oleh motor listrik dan tersedia langsung dari putaran rendah.

Sisi negatifnya adalah peningkatan bobot trotoar karena kompleksitas baterai dan powertrain. Namun, bos McLaren Mike Flewitt temengatakan: “Saya selalu mengatakan bahwa ambisi saya adalah meluncurkan mobil hybrid dengan bobot yang sama dengan mobil keluaran sebelumnya. Kami tidak akan mencapai itu, tapi kami akan berada dalam jarak 30-40kg."

Dengan demikian, berat kerb-nya diperkirakan sekitar 1500kg. Sebagai referensi, Honda NSX hybrid adalah 1725kg.

Bahan utama untuk menjaga bobot tetap rendah adalah McLaren Carbon Lightweight Architecture (MCLA) baru. Ini menggantikan bak serat karbon Monocell yang memulai debutnya pada MP4-12C, meskipun itu dikembangkan lebih lanjut sebagai MonoCell II untuk 2015. Bak MCLA akan, seperti Monocell, menggabungkan struktur pusat serat karbon dengan subframe aluminium. Ini dirancang dan dikembangkan di McLaren's Composites Technology Center di Sheffield, di mana ia juga akan diproduksi.

Flewitt mengklaim sasis baru yang sangat ringan ini "sama revolusionernya" seperti MonoCell ketika diperkenalkan dan memiliki "integritas struktural yang lebih besar dan tingkat kualitas yang lebih tinggi". Hal ini juga dikatakan untuk memungkinkan bentuk bodi yang lebih besar dan fleksibilitas powertrain untuk membantu McLaren lebih jauh membedakan model di setiap rentang dan menawarkan segalanya mulai dari model pembakaran murni hingga powertrain listrik sepenuhnya.

Meskipun hampir semua aspek internal McLaren baru bersifat revolusioner, desainnya akan menggunakan pendekatan yang lebih evolusioner. Diyakini bahwa beberapa inspirasi akan diambil dari speedster Elva, terutama di bagian depan, dan desain interior mobil itu juga dimaksudkan untuk memberikan petunjuk pada rangkaian yang akan datang.

Tanda tanya tetap ada di atas nama tersebut. McLaren telah mendaftarkan sejumlah paten nama dengan database merek global selama 12 bulan terakhir, termasuk Artura, yang terdaftar di Inggris, dan nama seperti Vion, Arkon, dan Veo di Amerika Serikat. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mclaren,
#
mobil listrik mclaren,
#
mobil hybrid