MENU
icon label
image label
blacklogo

Diam-Diam, Suzuki Telah Ajukan Hak Paten Motor Hybrid

JUL 07, 2020@17:00 WIB | 458 Views

Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangan mobil atau motor listrik gencar dilakukan sejumlah pabrikan di seluruh dunia. Tetapi, banyak pecinta otomotif yang menganggap bahwa kendaraan ramah lingkungan ini tak dapat menggantikan kendaraan konvensional yang selama ini dikenal.

Hal tersebut sejalan dengan produsen kendaraan berlambang S, Suzuki, yang mengatakan pasar belum siap untuk motor listrik. "Kami mengamati orang dengan sangat hati-hati, tetapi perjalanan dengan kendaraan roda dua listrik belum konsisten," ujar Wakil Presiden Pemasaran dan Penjualan Suzuki India, Devashish Handa pada Senin (29/6).

Maka tak heran, banyak yang beranggapan bahwa Suzuki tampaknya ogah untuk masuk di ranah motor listrik. Akan tetapi anggapan ini dengan cepat terbantahkan, lantaran desain motor listrik garapan Suzuki mendadak viral di internet. Pabrikan asal Jepang tersebut bahkan dikabarkan telah mengajukan paten untuk roda dua bertenaga hybrid.

Suzuki mulai bergerak memasuki industri elektrifikasi dengan membuat sketsa gambar yang diklaim sebagai sepeda motor listrik. Dalam gambar yang bocor, terlihat mesin pembakaran internal kecil di tempat baterai.

Dilansir dari Car and Bike, Senin (6/7/2020), kemungkinan besar sepeda motor ini mengadopsi tenaga hybrid. Dalam rancangan tersebut, mesin bensin berfungsi sebagai generator untuk motor listrik dan tidak menggerakkan roda secara langsung. Tak hanya itu, pabrikan asal Jepang ini juga menyiapkan rancangan motor listrik dengan desain modular. Dalam mode full listrik, motor ini dibekali paket baterai besar yang berada di tempat mesin pembakaran internal.

Bicara soal desain, gambar paten ini terlihat kaku untuk sebuah motor. Artinya, tampilan motor ini bisa jadi akan berbeda jika masuk dapur produksi. Pengajuan paten tersebut sekaligus menjawab keseriusan Suzuki yang selama ini belum memiliki model motor bertenaga listrik. Meski gambar-gambar tersebut tidak menjelaskan bagaimana rancangan itu bekerja, yang pasti Suzuki sangat serius menggarap segmen hybrid.

Mencintai produk konvensional bukan berarti Suzuki tak melihat masa depan dari motor listrik. Masih menurut Handa, pabrikannya sedang berupaya sehingga perilisan produk sejajar dengan kesiapan masyarakat. "Biaya akuisisi dibandingkan dengan kendaraan ICE (internal combustion engine) terus menjadi perhatian. Ketika pembeli siap, Suzuki akan hadir di pasar karena sudah memiliki teknologi," pungkasnya.

Oleh karenanya, pecinta sepeda motor listrik masih harus menunggu lama untuk melihat desain ini menjadi nyata. Kemungkinan, Suzuki akan memperkenalkan versi konsepnya di tahun depan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motor hybrid,
#
motor listrik,
#
motor hybrid zuzuki,
#
hak paten motor