MENU
icon label
image label
blacklogo

Desain Bocor, Daihatsu Indonesia Bakal Bawa Kei Car Move Canbus ke Indonesia?

NOV 28, 2022@10:00 WIB | 1,382 Views

Daihatsu sepertinya akan mengeluarkan unit kei car terbaru di Indonesia dalam waktu dekat. Baru-baru ini, pabrikan asal Jepang ini dikabarkan telah mendaftarkan hak paten desain sebuah mobil baru di  Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam Berita Resmi Desain Industri No.36/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, desain yang didaftarkan oleh Daihatsu ini terlihat mirip dengan kei car Move Canbus yang beredar di Jepang.

Desain mobil ini sendiri kabarnya telah didaftarkan sejak 27 Oktober 2022 dengan Nomor Permohonan DI: A00202203851, dengan nama desainer Manabu Fukuda dan Noriaki Kawai yang adalah desainer dari Daihatsu Move Canbus.

Daihatsu Move Canbus sendiri adalah salah satu kei car yang cukup populer di pasar Jepang. Move Canbus pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 dan telah terjual lebih dari 380.000 unit.

Kei car ini mengusung platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan dibekali dengan mesin berkapasitas 660 cc turbo. Daihatsu mengklaim kei car ini punya konsumsi rata-rata bahan bakar sekitar 22,9 km/liter.

Walaupun hadir sebagai kei car, Daihatsu Move Canbus dibekali dengan fitur-fitur yang lumayan canggih. Fitur-fitur ini antara lain seperti pintu geser elektrik, Apple CarPlay, fitur keselamatan aktif Smart Assist, Adaptive Cruise Control (ACC), serta Blind Spot Monitor (BSM).

Membahas harganya, Daihatsu menjual kei car ini di Jepang seharga JPY1.496.000 (sekitar Rp167,3 juta) untuk versi standar, hingga JPY1.919.500 (sekitar Rp214,7 juta) untuk versi tertinggi.

Daihatsu sendiri pernah menampilkan Move Canbus di ajang GIIAS 2017 lalu, namun pada saat itu kei car ini hanya hadir sebagai display car, bukan untuk dijual. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
daihatsu,
#
daihatsu move canbus,
#
kei car,
#
mobil