MENU
icon label
image label
blacklogo

Delage Berambisi Pecahkan Rekor Lap Nurburgring Dengan D12

MAY 13, 2022@17:00 WIB | 90 Views

CEO Laurent Tapie mengungkapkan rencananya untuk memecahkan rekor hypercar D12 senilai $2,3 juta atau sekitar Rp 33,6 miliar.

Memiliki rekor lap Nurburgring Nordschleife untuk mobil produksi selalu menjadi kebanggaan bagi para produsen mobil performa. Ini adalah cara bagi mereka untuk membuktikan seberapa mampu kendaraan mereka berada di trek yang sulit secara historis, dan setidaknya, faktor atau keunggulan yang bagus untuk memasarkan supercar. Bagi Laurent Tapie, pengusaha Prancis dan CEO Delage yang baru, "Ring Record" adalah tolok ukur yang sangat penting bagi merek, dengan D12, itu adalah sesuatu yang Tapie yakini bisa dilakukan pada akhir tahun atau awal 2023 nanti.

"Saya ingin [D12] mengalahkan rekor putaran Nurburgring dalam kategori street-legal," ungkap Laurent dalam sebuah wawancara di Ft. Lauderdale showroom. D12 tentu memiliki tenaga untuk menantang sang pemegang "Ring Record" sebelumnya. Underhood V12 7.6 liter yang secara alami dapat menghasilkan tenaga hingga 960 hp, dan ketika digabungkan dengan motor listrik 110-hp di trim atas, D12 memiliki total output sebesar 1.100 hp. Namun Tapie mengatakan bahwa desain D12 yang aerodinamis-sentris, terinspirasi dari F1 akan menjadi pembeda dan kunci kesuksesan.

Untuk memungkinkan desain yang cukup radikal ini, Laurent merekrut tim ahli. Yang memimpin dalam proyek ini adalah Benoit Bagur, seorang insinyur tim motorsport dengan pengalaman lebih dari 35 tahun dalam balapan tingkat tinggi. "Ketika saya merekrut Benoit untuk menjadi kepala proyek ini, saya ingin Anda menciptakan pengalaman sedekat mungkin dengan mengendarai mobil Formula 1. Dan jika itu bisa dicapai, itu berarti kendaraan ini akan lebih cepat dari apapun di trek," ujarnya.

Benoit berkata, rahasia untuk melaju cepat di trek, terutama trek yang sangat panjang seperti ini, adalah faktor aerodinamikanya. Karena pada akhirnya, hypercar dan supercar memang memiliki tenaga yang sangat besar, tetapi perbedaan terbesarnya ada di faktor aerodinamis. “Jika Anda ingin memiliki downforce maksimum di bagian depan, Anda tentu akan membuat bagian depan mirip dengan desain mobil Formula 1. Tentu bukan tanpa alasan Formula 1 menggunakan bentuk seperti ini, jadi kami akan mendefinisikan proyek ini dengan cara meniru mobil F1," jelas Benoit.

Delage D12 sudah masuk ke dalam tahap akhir pembuatan purwarupa, tetapi Tapie menjelaskan bahwa hypercar tersebut telah sepenuhnya disertifikasi dan diuji di Eropa, biasanya hal tersebut menjadi salah satu rintangan terbesar bagi pembuat mobil pemula seperti ini. [ibd/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
delage,
#
delage d12,
#
nurburgring,
#
hypercar