MENU
icon label
image label
blacklogo

Chip Bermasalah, Hyundai Akan Me-Recall IONIQ 5?

AUG 08, 2022@15:30 WIB | 205 Views

Permasalahan kekurangan chip sepertinya belum menjadi perhatian utama bagi Hyundai, tetapi pabrikan asal Korea Selatan ini justru tengah berjuang untuk mengatasi masalah lain.

Infineon, pemasok chip otomotif terbesar di dunia dan perusahaan yang membangun semikonduktor yang dibutuhkan oleh Hyundai untuk IONIQ 5, baru-baru ini menemukan cacat manufaktur yang mempengaruhi IONIQ 5 yang diproduksi antara April dan Juni 2022.

Dengan kata lain, semua chip Insulated Gate Bipolar Transistor, juga dikenal sebagai IGBT, datang dengan cacat produksi yang membuat chip ini tidak mungkin dipasang di mobil. Chip IGBT secara khusus dirancang untuk digunakan pada kendaraan listrik, dan dalam kasus Hyundai, Korea Selatan berencana untuk menggunakannya secara tepat pada IONIQ 5.

Setelah menemukan cacat produksi, Infineon memutuskan untuk menarik semua chip yang diproduksi selama jangka waktu April hingga Juni 2022. 

Ini bukan kabar baik untuk mobil listrik andalan Hyundai ini, karena Hyundai sekarang berada dalam posisi di mana mereka harus menemukan cara untuk mencegah gangguan besar yang menimpa model yang tahun ini dinobatkan sebagai World Car of the Year.

Walau demikian, Hyundai sepertinya sudah punya rencana B dengan membeli chip yang diperlukan dari pemasok lain. STMicroelectronics tampaknya berada di posisi terdepan saat ini, meskipun belum jelas apakah Hyundai dan perusahaan Prancis ini telah menandatangani kesepakatan.

Sampai artikel ini diterbitkan, pihak Hyundai belum mengumumkan pemberitahuan recall untuk mobil listrik IONIQ 5 yang mengalami masalah chip ini. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
hyundai,
#
ioniq 5,
#
recall,
#
chip