MENU
icon label
image label
blacklogo

Carlos Sainz: “Formula 1 Tidak Seperti yang Dibayangkan”

AUG 22, 2019@16:00 WIB | 495 Views

Carlos Sainz mengatakan Formula 1 jauh berbeda dari apa yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Sainz menambahkan nilai dari kontribusi tim terhadap pembalap seringkali diremehkan.

Masalah perkembangan Sainz selama tiga musim di tim Toro Rosso membuatnya beralih ke Renault pada tahun 2017, tetapi ia hanya mampu bertahan satu musim setelah tim tersebut mendapatkan jasa Daniel Ricciardo.

Sekarang dengan tim McLaren, pembalap asal Spanyol itu mengatakan periode awal adaptasi untuk Ricciardo di Renault dan Charles Leclerc di Ferrari, serta kesulitan yang dialami Pierre Gasly di Red Bull menjadi bukti bahwa setiap tim di F1 memiliki ciri khas.

"Mereka (setiap tim) sangat berbeda," kata Sainz tentang Toro Rosso, Renault dan McLaren. “Jauh lebih berbeda daripada yang dibayangkan orang-orang. Dan karakter mobil juga jauh lebih berbeda daripada yang dipikirkan.”

"Itulah mengapa saya pikir Anda melihat bahwa setiap pembalap memerlukan beberapa balapan untuk beradaptasi dengan tim dan juga mobilnya. Kita telah melihatnya dengan situasi Ricciardo musim ini dengan Pierre, bahkan dengan setiap pembalap yang telah berganti tim.”

“Anda perlu sedikit waktu untuk menemukan cara terbaik dan tim bekerja secara berbeda dalam segala hal. Sehingga itu membutuhkan waktu. Dan orang-orang meremehkan seberapa banyak kontribusi yang Anda dapat dari sebuah tim.”

“Kinerja yang saya dapatkan dari Toro Rosso sepertinya bukan yang terbaik, saya hanya bisa memaksimalkan mobilnya jika mengetahui detail dan cara memanfaatkannya.”

“Anda melihat (Sergio) Perez, Anda melihat (Max) Verstappen dengan Red Bull dan Anda melihat (Lewis) Hamilton dengan Mercedes. Ini konsekuensi dari menghabiskan sedikit waktu bersama tim dan mengetahui cara memaksimalkan kinerja mobil hingga batasnya."

Pencapaian Sainz dengan 58 poin tampak sebagai hasil yang mengesankan sebagai pembalap tim lini tengah musim ini, dan dia juga berhasil finis di posisi besar dalam tujuh balapan terakhir.

Namun, dia menghadapi perlawanan keras dari Lando Norris yang menjadi rekan setimnya, dan pembalap Spanyol itu mengatakan bahwa dia belum sepenuhnya mampu mengendalikan mobil.

"Saya mulai mengetahuinya dengan cukup baik," tambahnya. "Tapi saya masih merasa masih perlu banyak perbaikan dan mobilnya juga memiliki lebih banyak ruang untuk perbaikan. Saya sendiri mengatur mobil seperti yang saya suka.”

“Kami masih mencoba banyak hal setiap hari Jumat hanya untuk melihat apa yang saya suka. Tapi ini proses yang lambat.”[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
carloz sainz,
#
formula 1,
#
tim toro rosso,
#
tim mclaren