MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Nissan Produksi Spare Part Lama

OCT 14, 2019@10:00 WIB | 129 Views

Nissan telah mengembangkan cara baru dalam mengoperasikan robot untuk membuat bagian-bagian mobil dari lembaran baja. Penggunaan robot ini merupakan terobosan yang dapat membuat suku cadang pengganti untuk model kendaraan yang sudah tidak diproduksi lagi.

Nissan juga berencana untuk mengkomersialkan teknik ini, yang dikenal sebagai pembentukan dieless dua sisi. Teknik ini melibatkan dua robot yang disinkronkan dan bekerja dari sisi yang berlawanan dari lembaran baja, serta menggunakan alat berlapis berlian untuk secara bertahap membentuk baja.

Berkat produksi yang fleksibel, waktu pengerjaan lebih singkat, dan biaya pengerjaan lebih minim, teknik baru ini layak secara komersial untuk memproduksi dan menjual berbagai macam suku cadang after-service dan penggantian dalam volume kecil untuk mobil yang tidak lagi diproduksi oleh Nissan. Awalnya “proyek” seperti ini tidak mungkin dilaksanakan karena minim biaya dimuka yang tinggi dan waktu tenggang yang lama untuk mengembangkan dan membuat cetakan baja.

Hingga saat ini, pembentukan dieless dua sisi telah dianggap terlalu sulit untuk dikomersialkan. Ini karena kompleksitas pemrograman dua robot yang beroperasi secara serentak sambil memastikan kualitas yang konsisten. Teknik yang ada terutama mengandalkan pembentukan satu sisi, yang membatasi kompleksitas bentuk yang dapat dibuat. Dengan menempatkan robot dan alat di sisi yang berlawanan dari lembaran baja, mereka dapat membuat bentuk yang lebih sulit dan rinci.

Teknik baru ini dimungkinkan berkat keahlian teknik produksi di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknik Produksi Nissan, bersama dengan kemajuan dalam teknologi bahan oleh Divisi Riset Nissan.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
nissan,
#
robot sukucadang,
#
suku cadang