MENU
icon label
image label
blacklogo

Canyon Umumkan Konsep Kendaraan ‘Setengah Sepeda, Setengah Mobil’

NOV 17, 2020@14:00 WIB | 201 Views

Mobilitas dan inovasi merupakan tantangan terbesar yang kini dihadapi para produsen kendaraan, baik sepeda maupun mobil. Tak heran, banyak perusahaan sedang sibuk mengembangkan model pertama koleksi listrik untuk mengikuti tren masa depan ini.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengeksplorasi masa depan mobilitas, Canyon pun datang dengan konsep baru. Tanpa menghilangkan DNA perusahaan sebagai pembuat sepeda andal, Canyon mencoba peruntungan dengan konsep baru yang menyegarkan. Produsen sepeda terkenal asal Jerman tersebut menghadirkan konsep hibrida mengejutkan, yaitu setengah sepeda dan setengah mobil.

Dikabarkan bahwa insinyur dan desainer di Canyon bekerja sama dengan RWTH Aachen University. Mereka berkolaborasi untuk mengembangkan kendaraan mengejutkan dengan tujuan memberikan mobilitas sederhana dan nyaman di kota masa depan.

Layaknya sepeda telentang, kendaraan listrik beroda empat ini memiliki pedal dan dikemudikan menggunakan tuas tangki lateral, yang diposisikan setinggi pinggul pengemudi.

Ide dari konsep ini adalah kemudahan trek, sehingga kendaraan dapat digunakan, baik di jalur sepeda maupun di jalan raya. Oleh karena itu, sepeda ini menggabungkan kenyamanan dan kecepatan mobil listrik dengan kemampuan manuver sepeda listrik yang mampu mengatasi kemacetan dan menjadikannya sarana transportasi yang optimal.

Yang terpenting, kendaraan ini memiliki  kompartemen dengan atap, yang dapat digulung kembali dalam cuaca hangat. Di belakang pengemudi, ada banyak ruang untuk bagasi yang juga bisa menampung anak.

Motor listrik baru ini juga didukung kecepatan memadai hingga 60 km/jam, saat dalam mode mengemudi di jalan raya. Baterainya pun memiliki daya yang cukup untuk menempuh jarak 150 km dengan sekali pengisian daya.

Rencana Canyon untuk kendaraan baru ini sebenarnya sudah diumumkan sejak September tahun lalu. Namun hingga kini perusahaan tampaknya masih bekerja keras untuk mematangkan konsep menjadi produk akhir.

Bila melihat koleksi Canyon sejauh ini, pabrikan memang dikenal sebagai pembuat sepeda andal yang ringan, cepat, dan nyaman. Untuk koleksi bestseller-nya, Speedmax CF SLX, rangka dibuat dari serat karbon yang ringan sehingga tidak mengganggu gerak dinamis Anda ketika berkendara. Selain itu, rem pelek TRP juga menyediakan pengereman yang terjamin.

Melihat hal ini, tak tertutup kemungkinan, Canyon akan mengadopsi sebagian konsep untuk kendaraan mendatang. Perjalanan untuk kendaraan baru ini masih terbuka dan panjang. Setidaknya Canyon telah menunjukkan nyali dengan konsep kendaraan uniknya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
canyon,
#
mobil konsep,
#
kendaraan listrik,
#
mobil listrik