MENU
icon label
image label
blacklogo

Cadillac Akan Kembali Ke Balapan Le Mans Tahun 2023

AUG 25, 2021@20:00 WIB | 270 Views

Cadillac telah mengumumkan program kembar di FIA World Endurance Championship dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship dari 2023 dengan pesaing LMDh yang dibangun di sekitar sasis Dallara.

Merek milik General Motors akan bermitra dengan Chip Ganassi Racing dan Action Express Racing, dua dari regu pabriknya saat ini di kelas DPi teratas IMSA, untuk era baru balap mobil sport di kedua sisi Atlantik. Ini menjadi pabrikan kelima yang berkomitmen untuk membangun mobil sesuai aturan LMDh, mengikuti Porsche, Audi, Acura, dan BMW.

Cadillac mengatakan akan mengintegrasikan mesin baru yang dikembangkan GM di mobil LMDh yang belum diberi nama, yang akan didasarkan pada sasis LMP2 generasi berikutnya dari Dallara. Marque mewah Amerika ini bertujuan untuk memulai debut mobil di Rolex 24 di Daytona pada Januari 2023, dengan “tujuan berpartisipasi dalam Le Mans 24 Hours” pada tahun yang sama. Pengumuman tentang kelanjutan prototipe Cadillac, yang dimulai pada 2017 dengan DPi-VR di IMSA, telah ditunda beberapa kali selama beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Konsep Mobil Terbang Cadillac, Membawa Kemewahan Saat di Perjalanan

Tapi awal bulan ini, manajer programer mobil sport GM Laura Klauser telah mengisyaratkan dengan kuat bahwa mereka ingin membawa merek Cadillac kembali ke Le Mans untuk pertama kalinya sejak 2002, ketika secara keseluruhan menempati urutan kedelapan dengan prototipe Northstar.  “Kami sangat bersemangat untuk bersaing di tingkat atas motorsport internasional di kelas LMDh mulai tahun 2023. Seperti motorsport, Cadillac membuat transisi ke masa depan yang didorong oleh penggerak alternatif. Sifat hibrida dari aturan LMDh akan membantu kami menjembatani transfer teknologi kami ke masa depan kami yang serba listrik. Kami telah sukses besar dengan Cadillac DPi-VR pemenang kejuaraan dan berharap untuk membangun rekor itu ke masa depan dengan Cadillac LMDh generasi berikutnya.” kata Rory Harvey, Cadillac Global Vice President.

Tidak disebutkan masa depan Corvette dalam balap mobil sport setelah Automobile Club de l'Ouest mengumumkan pekan lalu bahwa kategori GTE Pro di Le Mans dan di WEC akan digantikan oleh kelas baru berdasarkan mesin FIA GT3 mulai tahun 2023. Corvette, yang menempati posisi kedua setelah Ferrari di akhir pekan klasik ketahanan Prancis, baru memasuki tahun kedua C8.R baru berdasarkan peraturan GTE saat ini.[ibd/timBX]

Tags :

#
cadillac,
#
mobil cadillac,
#
balapan le mans,
#
balapan le mans 2023