MENU
icon label
image label
blacklogo

Bukan Main, Mercedes-AMG GT R Jadi Safety Car Formula 1 2018

MAR 23, 2018@08:00 WIB | 159 Views

Akhir pekan ini, Formula 1 musim 2018 sudah mulai bergulir. Melbourne Grand Prix Circuit di Australia mendapat kehormatan untuk menjadi tempat dimulainya ajang balap jet darat nomor satu di dunia musim ini.

Selain mobil para pembalap yang sudah siap tampil maksimal, safety car Formula 1 2018 yang dipilih juga tidak kalah maksimal, yakni Mercedes-AMG GT R.

Terpilihnya Mercedes-AMG GT R menjadi safety car F1 2018 ini, menggantikan peran Mercedes-AMG GT S yang sudah bertugas selama tiga musim F1 berturut-turut (2015, 2016, 2017).

Jangan heran kenapa Mercedes-AMG GT R bisa terpilih sebagai safety car Formula 1 2018. Karena dengan melihat spesifikasinya saja, maka kita sudah langsung dapat memakluminya.

Mercedes-AMG GT R dibekali mesin V8 berkapasitas 4.000 cc dengan dua buah turbo. Mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga sebesar 577 dk dan torsi 700 Nm.

Besarnya angka tenaga dan torsi tersebut, membuat Maercedes-AMG GT R ini diklaim sebagai safety car F1 yang paling kencang dan bertenaga yang pernah ada.

Secara spesifikasi, sebenarnya Mercedes-AMG GT R yang dipakai untuk safety car F1 ini tidak berbeda dengan versi standarnya. Tapi karena dipakai untuk berjalan di lintasan jet darat, maka ada beberapa perbedaan detail di eksterior, fitur, dan interiornya.

Agar pengereman bisa dilakukan dengan lebih cepat dan maksimal, Mercedes-AMG GT R yang jadi safety car F1 musim ini dipasangkan rem cakram keramik di keempat rodanya. Lalu untuk menjamin kestabilannya, mobil ini juga diberikan roll-over protection system.

Kemudian untuk meningkatkan kemampuan membelah angin dan nilai aerodinamika, di atas kap mesin Mercrdes-AMG GT R dipasangkan air scoop yang terbuat dari bahan karbon fiber.

Beralih ke bagian dalamnya, terdapat dua buah iPad. Satu iPad berguna untuk menampilkan jalannya balap, dan satu lagi berfungsi untuk memvisualkan tampilan animasi tentang apakah mobil-mobil f1 yang sedang berlaga masih berada di dalam jalur, serta juga untuk memperlihatkan catatan waktu dan lap. [APSG/timBX]

Tags :

#
safety car,
#
formula 1,
#
formula 1 2018,
#
mercedes-amg,
#
amg gt r,
#
auto news