MENU
icon label
image label
blacklogo

Bugatti Mulai Sertakan 3D Printing Untuk Bikin Part Shield Knalpot

MAR 31, 2020@20:00 WIB | 114 Views

Bugatti mulai menyertakan proses 3D printing untuk membuat kontruksi, komponen sebagai bagian dari low volume models. Dan Bugatti menyebutnya sebagai mobil perdananya. Sebelumnya, Bugatti telah mencoba memproduksi kaliper rem dari bahan titanium, diproses secara 3D. Hasilnya cukup memangkas berat 40 persen lebih ringan dari teknik cor biasa. Secara durabilitas, kaliper hasil 3D ini mampu bekerja pada temperatur hingga 1093 celcius.

Kali ini, Bugatti mencetak komponen lain  seperti heat shields dari exhaust system, untuk Chiron dalam jumlah sedikit. Namun secara gaya, knalpot telah diadopsi ke  Super Sport 300+ dan Pur Sport. Tak cukup itu hasil cetak 3D tersebut disematkan ke varian La Voiture Noire, Divo dan Centodieci. Cukup unik bukan BlackPals..

Kaliper rem dan perisai knalpot menawarkan keringanan bahan dan kekuatan materialnya. Seperti perisai knalpot yang digunakan Chiron Super Sport 300+  memiliki dimensi lebar 19 inci, panjang 8.7 inci, tinggi 5 inci dan bahan dibuat dari titanium. Berat totalnya hanya 1,8 kg loh, dan itu terpaut 1,1 kg dari shield exhaust Chiron biasa.

Bagaimana sisi ketebalan bahannya. Dengan rongga dan ketebalan yang berbeda dipatok hanya berbeda 0,4 milimeter. Dan disitulah teknologi 3D printing bisa melakukan secara detail. Dalam membuat sebuah part, butuh 4 laser 400 watt untuk meleburkan 4200 lapisan bubuk titanium.

"Ketebalan material minimal di area multi layer, yang memungkinkan yang disebut sebagai struktur lattice, sementara bagian rongga banyak diisi oleh struts yang banyak," tutur Nils Weimann, head of Body development Bugatti.

Mungkin secara look terbilang ringkih. Akan tetapi pihak Bugatti memproyeksi kekuatannya bisa mencapai 648 celcius suhu panas, dengan ketebalan cukup untuk menahan panas.

Bugatti hanya sebagian kecil pabrikan yang menyertakan teknologi 3D dalam pembuatan part mobil. Cukup berbeda bila Czinger yang membuat varian 21C untuk seluruh hampir komponen berbahan logam. Mulai dari Frame, sasis, crash structure dan suspensi termasuk velg yang dicetak 3D. Microfactories Divergent menjadi manufaktur dibalik penciptaan supercar Blade yang cukup personal tersebut.[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
bugatti,
#
bugatti chiron sport,
#
3d printing