MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Seri 3 Touring 320i M Sports, Obati Kerinduan Pecinta Station Wagon

APR 21, 2020@08:00 WIB | 126 Views

BMW Group Indonesia  baru saja meluncurkan BMW Seri 3 Touring.  Secara hierarki Seri 3 Touring 2020 adalah generasi ke-6, dari seri pendahulunya. Secara genetika masih mempertahankan versi sebelumnya, model estate,  wagon dan berpenggerak roda belakang.  Kemunculannya tentu mengobati pecinta stasion wagon,  mobil yang suka diburu oleh para kolektor, apalagi  dengan emblem M Sport. BMW Group Indonesia  sadar,  hanya 25 unit yang didatangkan di Indonesia, karena secara kelas masih menjadi second opinion dari sedan sports sendiri (G20). Namun secara global  model estate  ini bakal head to head dengan Audi A4 Avant,  Mercedes C Class Estate dan Volvo V60.

Secara dimensi,  Seri. 3 Touring ini memiliki ukuran paling  kecil di lineup BMW, karena harus berhadapan dengan  Seri 5 Touring.  Secara global punya dua varian mesin bensin dan mesin diesel.  Dan varian yang masuk ke Indonesia adalah varian mesin 2.0 liter,  sama seperti 320i sebagai varian paling rendah.  Dengan mesin terbaru berteknologi  Twin Power Turbo 4 silinder menghasilkan tenaga 184 hp dan torsi 300Nm.  Akselerasinya equivalen dengan 7,5 detik dari 0-100kpj, dengan konsumsi bahan bakar 14,9 liter per km, emisi CO2 152 g/km, dengan transmisi streptronic 6 percepatan. 

Tenaga yang ideal untuk jalanan di ibukota atau antar kota membutuhkan kenyamanan tersendiri.  Karena emblem M Sport menawarkan suspensi yang lebih adaptive.  Ini jaminan atas bagaimana pihak engineer BMW telah mengontrol gerakan tubuh,  akibat dari goncangan. Rancangan suspensi ini diwujudkan  dengan  fitur mode comfort,  untuk mengendalikan setiap obstacle, saat jalanan bergelombang.  

Dimensi BMW Seri 3 Touring  memiliki panjang 4709 mm,  lebar 1827 mm dan tinggi 1470 mm, sementara wheelbase menjadi 2851 mm.  Ada penambahan beberapa milimeter untuk menambah sportivitas dan kelincahan.  Dibantu dengan body yang dibuat lebih rigid 25-50 persen dibeberapa bagian dan didukung sasis yang lebih kuat.  Lihat detail antara hood dengan kabin,  telah didesain dengan pusat gravitasi yang rendah, dan distribusi seimbang 50:50. 

Desain pilar A hingga pilar D didesain dengan siluet khas BMW, lekukan kontur tipis memastikan desain sporty, dan itu menguntungkan secara aerodinamika. Koefisien drag-nya mencapai 0,27 cukup rendah untuk sebuah wagon.  Sudah dilengkapi dengan roofrail dan sunroof guna melengkapi sisi elegan. Penyematan velg 5 double spoke 793  berukuran  19 inci cukup sporty memadukan ban 225/40 R19 depan dan 255/35 R19.  Sektor pengereman  diperkuat dengan kaliper M Sport empat piston depan dan dua piston belakang serta logo BMW M yang diembos disetiap kaliper.

Desain kokpit yang berfokus pada pengemudi, Control Display dan instrument cluster dengan tampilan terbaru, dan alat pengontrol yang terkonsentrasi pada beberapa panel fungsi, membawa aura sporty ke interior THE 3 Touring. Spesifikasi standar termasuk roda kemudi leather BMW M Sport yang baru dirancang dengan tombol multifungsi, jahitan kontras Alcantara/Sensatec - Black  berkombinasi Hitam - Biru dengan sabuk pengaman BMW M danembellisher galvanis untuk panel kontrol. 

Desain bangku terbaru tingkatkan kenyamanan selama perjalanan jarak jauh di THE 3  Touring. Ruang bahu di bagian depan kabin diperbesar secara signifikan, dan kendaraan baru ini tawarkan ruang kepala lebih banyak dibandingkan pendahulunya. Selain itu, kompartemen belakang berikan penumpang ruang kaki ekstra dan kemudahan masuk dan keluar yang lebih optimal - serta privasi dengan Roller-sunblind. Bangku belakang mengakomodasi tiga kursi anak, yang dua di antaranya dapat dipasang dengan titik-titik penghubung ISOFIX serta dilengkapi dengan sistem pendingin udara 3-zona otomatis. Terlebih lagi, Panoramic glass-roof juga meningkatkan rasa lapang bagi semua penumpang.

Ruang bagasi THE 3 Touring miliki volume sebesar 500 liter  - lima liter lebih banyak dari generasi sebelumnya - saat semua bangku ditempati, maka kapasitas muatan utama yang dapat digunakan otomatis bertambah 32 liter. Kapasitas muatan dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.510 liter dengan melipat sandaran belakang 40:20:40. Elemen sandaran belakang tersebut juga dapat dilepaskan dari ruang bagasi hanya dengan menekan sebuah tombol sehingga meningkatkan tingkat keserbagunaan dari all-new BMW 320i Touring M Sport.

BMW Operating System 7.0 yang baru memainkan peran utama dalam mengoptimalkan sistem kontrol dan display dengan fungsi digital modern yang disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. BMW Live Cockpit Professional terdiri dari display yang dirancang secara konsisten, sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan pada cluster instrumen 12.3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10.25 inci. Untuk pengoperasian yang intuitif, pengemudi dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat(Gesture Control).

Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara "Hey BMW". Ia adalah co-driver yang ideal dan sangat berguna selama berkendara sehari-hari dengan menanggapi perintah suara untuk membantu pengemudi dengan berbagai tugas, seperti menangani hiburan onboard yang disediakan oleh sistem suara surround Harman Kardon. All-new BMW 320i Touring M Sport ini juga dilengkapi dengan Apple CarPlay nirkabel yang meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, terutama dalam perjalanan panjang.

BlackPals harga The 3 Touring  320i M Sports ini dihargai Rp1,289 miliar.  Jika Anda meminangnya dapatkan paket BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.[Ahs/timBX]

Tags :

#
bmw seri 3 touring,
#
bmw group indonesia,
#
bmw seri 3 touring m sports,
#
interior seri 3 touring