MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Group Mulai Pangkas 50% Produksi Mobil Dengan Pembakaran Internal

MAR 18, 2020@18:00 WIB | 327 Views

Dominasi mesin bertipe internal combustion masih menyisakan pertanyaan besar, salah satunya mengapa mobil full elektrik susah di serap market global. Jumlahnya yang hanya 2 persen, tidak membuat jera manufaktur mobil. Sebaliknya manufaktur meski memiliki divisi khusus untuk merancang dan mengembangkan mobil listrik, tidak serta merta menggeser produksi mesin dengan pembakaran internal, hanya mengurangi kapasitasnya. 

Salah satu case, adalah BMW Group yang sudah mulai mengurangi kapasitas mesin internal combustion hanya 50 persen pada masa 2021 mendatang. Memang BMW sedang membuat sebuah powertrain elektrik untuk pengurangan emisi, saat berlangsung laporan keuangan di Munich, Jerman.

BlackPals jangan terlalu kaget, bila 50 persen varian dengan powertrain tradisional semakin sedikit. Sebenarnya mereka tetap diproduksi namun sudah dianggap sebagai varian hybrid, menyatukan kombinasi pembakaran internal dan motor elektrik.

"BMW butuh pengeluaran yang besar untuk mempersiapkan era e-mobility," tutur Nicolas Peter, Kepala Keuangan BMW Group.

Bagaimana dana sebegitu besar diraih, tanpa penjualan yang sukses. Maka BMW mendorong mesin berbahan bakar gasoline tetap diproduksi, namun agar tidak ketinggalan zaman harus dilibatkan mild hybrid atau plug in hybrid.

Sementara BMW Group bakal mengerem pengeluaran untuk purchasing dan produksi. Sebagai penyeimbang, automaker Jerman tersebut lebih menggenjot waktu development sepertiga lebih cepat. Hal ini memungkinkan transisi platform modular dan powertrain, khususnya pengembangan baterai dengan kapasitas semakin besar.

BMW telah menetapkan target 25 model elektrik diseluruh lini bisnisnya. BMW, Mini, Rolls Royce pada tahun 2023. Sementara setengah diantaranya telah menggunakan baterai elektrik. Model EV murni bakal muncul di varian Mini Cooper S E. Sementara model iX3 berbasis model BMW X3 menjadi varian terakhir di 2020 ini, dan tidak diedarkan di negara Amerika Serikat. Sementara middle SUV iNext akan diluncurkan di pertengahan 2021 dan small sedan  i4 yang bakal diluncurkan akhir 2021. [Ahs/timBX]

Tags :

#
bmw,
#
bww group,
#
mobil listrik,
#
mobil hybrid