MENU
icon label
image label
blacklogo

Bikin Orang Bingung - Yamaha Ganti Nama FZ Jadi MT

OCT 06, 2017@21:00 WIB | 565 Views

Jajaran model Yamaha untuk versi Naked memiliki dua nama yang ternyata menimbulkan efek kebingungan misalnya untuk pasar luar Amerika Utara, Yamaha melabeli produk mereka di beberapa negara Amerika dengan nama FZ-07, FX-09 dan FZ 10. Sedangkan dibeberapa negara Eropa juga dikenal dengan nama MT-07, MT-09 dan MT-10.

Jika dilihat secara seksama, model ini tidak memiliki spesifikasi yang berbeda alias sama. Tidak ada perbedaan antara FZ dan MT hanya nama saja yang dijual disetiap negara pasti berbeda. Namun hal ini membuat kebingungan pelanggan Yamaha.

Berita terkait masalah ini nama yang dialami oleh Yamaha sendiri sudah tersebar luas di media online. Padahal Yamaha sendiri belum mengkonfirmasi masalah ini secara resmi. Demikian diberitakan Motor1.

Sejatinya Yamaha telah memiliki merek dagang di Amerika untuk model MT dan mengajukan model MT-07, MT-09 dan MT 0-10 pada tanggal 11 Desember 2015. Sementara untuk model MT Yamaha juga memiliki merek dagang yang aktif di Amerika Serikat yang sudah diajukan pada 13 Desember 2016.

Dan bukti terkini dari badan California Air Resources Board (CARB) baru-baru ini mengeluarkan perintah eksekutif untuk mengesahkan MT-10 untuk tahun model 2018. Yang berarti Yamaha harus merubah sebutan nama menjadi MT, karena model MT sudah ada di buku merek dagang.

Perbedaan FZ dengan MT terdapat pada standart Emisi, dimana model 2018 sedikit lebih tinggi dari FZ-10 2017, namun setidaknya mengindikasikan beberapa perubahan pada mesin atau sistem pembuangannya sudah masuk uji Emisi-Euro.

Yang jelas sampai saat ini belum ada catatan masuk model FZ selain pengajuan MT-10 ini, yang telah disertifikasi oleh CARB atau Badan Perlindungan Lingkungan AS, dan juga tidak termasuk model 2018 yang telah diumumkan oleh Yamaha. Mungkin semua akan jelas setelah ajang EICMA bulan depan. [ddy/timBX]

Tags :

#
blackauto,
#
autonews