MENU
icon label
image label
blacklogo

Berusia 50 Tahun, Mengenang Kembali 7 Generasi Toyota Celica

OCT 19, 2020@13:30 WIB | 313 Views

Sejak jatuhnya Celica generasi ketujuh pada tahun 2006, ada desas-desus bahwa Toyota pada akhirnya akan menghidupkan kembali nama tersebut , baik itu untuk mobil sport baru atau model yang sama sekali berbeda seperti, sebuah crossover. Namun, lebih dari 14 tahun telah berlalu sejak Celica terakhir meluncur dari jalur perakitan di Jepang, dan jelas sekarang bahwa pembuat mobil tidak berniat membuat yang lain, setidaknya untuk saat ini. Jadi, kami memutuskan untuk melihat kembali sports coupe, yang sejarahnya dimulai pada tahun 1970.

Toyota Celica TA22: 1970-1977

Dibangun di atas platform yang sama dengan sedan Carina, Celica generasi pertama, namanya diambil dari kata Spanyol "celestial" (surgawi), memiliki suspensi depan dan belakang independen serta penggerak roda belakang. Tenaga berasal dari serangkaian mesin empat silinder yang andal, dengan kapasitas 1.4, 1.6, 1.9, 2.0 dan 2.2 liter, dipadukan dengan transmisi manual empat atau lima kecepatan atau otomatis tiga kecepatan dengan penggerak roda belakang.

Toyota Celica TA40: 1977-1981

Celica generasi kedua keluar pada akhir tahun 1977, dalam coupe dua pintu dan model bodi liftback, dan sebagai mobil convertible yang diproduksi oleh Tropic di bawah papan nama Celica Sunchaser.  Iterasi ini mempertahankan tata letak mesin depan dan penggerak roda belakang, dan ditawarkan dengan jajaran powertrain yang lebih beragam, yang terdiri dari empat unit pot, dua transmisi manual lima kecepatan dan dua otomatis, tiga percepatan dan empat speeder.

Toyota Celica TA60: 1981-1985

Dengan menggunakan mesin 16-katup volume tinggi Jepang pertama di bawah kap yang panjang, Celica generasi ketiga keluar pada tahun 1981, dalam tiga gaya bodi: coupe dua pintu, convertible dua pintu, dan liftback tiga pintu.

Jajaran mesin bahkan lebih murah hati dan, tergantung pada powertrain yang dipilih, pelanggan harus puas dengan transmisi otomatis empat kecepatan atau manual lima kecepatan. Mereka yang menginginkan varian yang lebih bertenaga bisa memesan Celica Supra 2.8i, yang bermesin enam silinder 170 PS (168 HP / 125 kW).

Toyota Celica TA160: 1985-1989

Untuk generasi keempat Celica, Toyota mempertahankan tiga gaya bodi dan mesin depan, tata letak penggerak roda belakang, tetapi menambahkan versi penggerak empat roda, Celica GT-Four. Model spesifikasi reli melambungkan pabrikan mobil itu ke serangkaian kemenangan WRC dan membuat mobil sport itu semakin populer.

Toyota Celica TA180: 1989-1993

Kesuksesan reli dilanjutkan oleh generasi kelima, yang memenangkan tiga gelar pebalap WRC dan dua gelar pabrikan antara tahun 1992 dan 1994.  Iterasi baru ini terus ditawarkan dengan penggerak empat roda di GT-Four, tetapi beralih ke sistem penggerak semua roda, sedangkan varian yang lebih rendah hanya hadir dengan penggerak roda depan.

Toyota Celica TA2000: 1993-1999

Mungkin salah satu Celica paling terkenal di luar sana, generasi keenam juga penggerak roda depan, atau penggerak empat roda di GT-Four, memiliki transmisi otomatis empat kecepatan atau manual lima kecepatan dan pilihan empat mesin silinder. Selain coupe dua pintu biasa, mobil ini juga dijual dalam model bodi convertible dua pintu dan liftback tiga pintu.

Toyota Celica TA230: 1999-2006

Dijual hanya sebagai liftback tiga pintu, Celica terakhir didasarkan pada platform MC Toyota yang digunakan bersama dengan banyak model, termasuk Corolla, Prius dan RAV4. Itu juga datang dengan penggerak roda depan, memiliki pilihan hanya dua mesin dan tiga transmisi, dua manual dengan lima dan enam kecepatan, dan otomatis dengan empat kecepatan. [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota celica,
#
mobil sport,
#
crossover,
#
toyota