MENU
icon label
image label
blacklogo

Bentley Bentayga Baru, SUV Mewah Kaya Inovasi

JUL 03, 2020@14:00 WIB | 337 Views

Prototipe final untuk Bentley Bentayga terbaru telah dijajal di jalanan Cape Town, Afrika Selatan. Sejumlah perubahan telah dilakukan oleh tim, melahirkan mobil SUV mewah, penuh gaya, dan lebih banyak inovasi dibanding produk serupa. Matangnya prototipe membuat produsen menargetkan pembukaan resmi mobil pada bulan April. Sayangnya, coronavirus mengubah rencana tersebut dengan menunda peluncuran resmi selama lebih dari dua bulan.

Bentayga mendapatkan perubahan visual yang komprehensif, sehingga efektif mendapatkan ujung depan dan belakang yang benar-benar baru. Restyle ini dimaksudkan untuk dua tujuan, yaitu menjawab beberapa kritik terhadap gaya mobil generasi pertama dan menjadi menonjol dibanding pesaing. Bentley Bentayga baru akan jadi penantang untuk Rolls-Royce Cullinan dan Lamborghini Urus yang sudah ada di pasaran. Mobil ini juga nantinya akan berhadapan dengan Aston Martin DBX dan Mercedes-Maybach GLS600 yang segera diluncurkan.

Perbedaan mendasar yang dimiliki Bentayga adalah adanya gril yang lebih luas dan lampu LED elips, untuk memberi sentuhan gaya ke Flying Spur dan Continental, serta lampu belakang oval ciri khas Bentley.

Ada dua prototipe yang dikendarai di Afrika Selatan, yakni mobil dengan twin-turbo V-8 dan dengan W-12.Bentley Bentayga V-8 tampil gagah dengan 542 tenaga kuda dan torsinya 568 feet/lbs identik dengan yang diklaim untuk Aston Martin DBX . Sementara W-12 sedikit lebih cepat, dengan 626 tenaga kuda dan torsi 664 feet/lbs. Gerakannya lembut, meski memberi banyak geraman dan serak ketika dibawa pada limit 7000-rpm. Terdapat fitur penonaktifan silinder sehingga meningkatkan penghematan bahan bakar.

Terdapat ventilasi udara sentral, dengan layar sentuh dashboard 10.9 inci yang baru. Grafis tampak lebih tajam dengan perangkat keras yang jauh lebih kuat, dan sekarang mendukung kemampuan Apple CarPlay nirkabel.

Hanya saja, perubahan mekanis terbilang terbatas, dengan tambahan 0,8 inci di trek belakang dan penyesuaian  perangkat lunak. Sedang komponen dinamis lainnya dibawa secara efektif dari pendahulu dan tidak berubah. Akibatnya banyak yang bertanya, mengapa peningkatan mekanis tak sebanding dengan inovasi desain.

Menjawab hal tersebut direktur Bentayga, Chris Cole mengatakan, "Karena pelanggan menyukainya. Umpan balik luar biasa yang kami dapatkan dari pelanggan tentang mobil ini adalah, 'Jangan mengubah cara mengemudi.’”

Bentley telah memberikan perbaikan yang ditargetkan untuk Bentayga, membuat perubahan signifikan pada gaya dan tingkat konektivitas dengan sedikit perubahan cara mengemudi. Mobil ini akan dirilis pada November 2020. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bentley bentayga baru,
#
suv inovatif,
#
suv bentley bentayga,
#
inovasi suv,
#
mobil suv mewah