MENU
icon label
image label
blacklogo

Bangun Kendaraan Otonom, Hyundai Kerjasama dengan Aptiv

SEP 25, 2019@08:00 WIB | 177 Views

Hyundai Motor Group dan Aptiv mengumumkan akan membentuk perusahaan patungan yang menangani teknologi autonomous driving. Kemitraan ini menyatukan salah satu penyedia teknologi kendaraan paling inovatif di industri dan salah satu produsen kendaraan terbesar di dunia.

Perusahaan patungan ini akan memajukan desain, pengembangan, dan komersialisasi teknologi otonom SAE Level 4 dan 5, memajukan kedua perusahaan dalam ekosistem penggerak otonom global. Usaha patungan ini akan mulai menguji sistem driverless secara utuh pada tahun 2020 dan memiliki platform mengemudi otonom siap produksi untuk penyedia robotaxi, operator armada umum, dan produsen otomotif pada tahun 2022.

Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, Hyundai Motor Group dan Aptiv masing-masing akan memiliki 50 persen kepemilikan saham dalam usaha patungan tersebut, senilai total USD4 miliar. Aptiv akan menyumbangkan teknologi penggerak otonom, kekayaan intelektual, dan sekitar 700 karyawan yang berfokus pada pengembangan solusi mengemudi mandiri (otonom) yang skalabel. Afiliasi Hyundai Motor Group - Hyundai Motor, Kia Motors dan Hyundai Mobis - akan secara kolektif menyumbang USD 1,6 miliar tunai untuk hal rekayasa kendaraan, sumber daya R&D, dan akses ke kekayaan intelektualnya.

"Perusahaan patungan baru ini menandai awal perjalanan dengan Aptiv menuju tujuan bersama kami mengkomersilkan mengemudi otonom. Kemampuan gabungan Aptiv, perusahaan teknologi global terkemuka, dan Grup kami, OEM global, akan menciptakan sinergi yang tak ternilai untuk memimpin lanskap mengemudi yang otonom," kata Euisun Chung, Wakil Ketua Eksekutif, Hyundai Motor Group.

Usaha patungan baru akan dipimpin oleh Karl Iagnemma, Presiden, Aptiv Autonomous Mobility dan berkantor pusat di Boston, dengan pusat-pusat teknologi di seluruh Amerika Serikat dan Asia, termasuk Korea. Hyundai Motor Group dan Aptiv masing-masing akan menunjuk sejumlah direktur yang sama untuk mengatur usaha patungan.

“Kemitraan ini semakin memperkuat kemampuan industri terkemuka Aptiv dalam pengembangan sistem bantuan pengemudi canggih, solusi konektivitas kendaraan, dan Arsitektur Kendaraan Cerdas,” kata Kevin Clark, Presiden dan Chief Executive Officer, Aptiv.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
hyundai,
#
aptiv,
#
mobil listrik