MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Sedang Merancang Sedan Listrik Seukuran Audi A4

MAR 28, 2019@09:00 WIB | 380 Views

Audi merencanakan sebuah sedan listrik dengan ukuran mirip A4 sebagai bagian dari lineup mobil electricnya. Hal ini dikonfirmasi Marc Lichte  sebagai kepada design Audi, kepada Autocar dan ditulis melalui laman motorauthority.com.

“Kami akan rilis SUV listrik dan mobil sport rendah seperti e-Tron GT. Dan kami juga sedang merancang e-tron GT selaras dengan dimensi Audi A4,” tutur Lichte.

Sedan electric yang digadang-gadang sebagai pesaing Tesla Model 3 akan diluncurkan 2023. Rencananya akan dibandrol seperti Audi Q4 e-tron yang dijadwalkan rilis tahun 2020. Terakhir Q4 ditampilkan pada Genewa International Motor Show.

Lantas platform apa yang digunakan? Lichte mengkonfirmasi sedan seukuran A4 bakal menggunakan electrifikasi berdasarkan plafform modular Premium Platform Electric (PPE). Rencananya PPE dikembangkan bersama kemitraan Audi bersama Porsche, dan statusnya sedang dalam pengembangan.

Premium Platform Electric (PPE) yang dimiliki Porsche tersebut dilengkapi dengan powertrain yang dapat menghasilkan output daya gabungan lebih dari 440 kW dengan menggunakan dua motor listrik. Jika menggunakan baterai, kemungkinan besar akan dapat melaju hingga lebih dari 500 kilometer.

Selain sedan electric berukuran A4, Audi juga menyediakan Audi e-tron GT yang lebih besar pada tahun 2020, berdasarkan platform J1. Sedan berukuran besar ini dikembangkan bersama Porsche untuk model Taycan. Sementera e-tron Q4 menggunakan platform MEB yang dikembangkan bersama Volkswagen. Untuk Audi e-tron dan e-tron Sportback  dikembangkan berdasar platform C-BEV yang cocok untuk SUV.

Versi produksi dari Audi e-tron GT coupe high performance empat pintu, yang sedang dikembangkan di Audi Sport GmbH, dijadwalkan akan diluncurkan pada semester kedua tahun 2020, dan produksi Audi Q4 e- tron compact  akan berlangsung secara bersamaan.

Sedan A4 electric, tidak hanya akan bertarung dengan Model 3. Lihat Polestar 2 sedan dan BMW i4 Sedan juga akan masuk market sebagai penantang. Begitu juga dengan Mercedes Benz yang dianggap sebagai sedan seukuran C-Class. Audi sebagai anak Volkswagen  sepertinya memperkenalkan 70 mobil listrik baru hingga 2028. [Ahs/timBX]

Tags :

#
audi,
#
audi e-tron,
#
sedan listrik,
#
marc lichte