MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi S3 2025 Lebih Bertenaga Dibanding Golf R

APR 16, 2024@10:30 WIB | 128 Views

Selalu terasa aneh bahwa Volkswagen Golf R memiliki tenaga lebih besar daripada Audi S3 yang lebih mewah (dan sedikit lebih mahal). Namun hal itu tidak lagi terjadi. Sedan sport Ingolstadt mendapat facelift pertengahan siklus untuk model tahun 2025 yang menghadirkan lebih banyak tenaga kuda dan torsi ekstra.

Audi S3 2025 menggunakan mesin bensin 2.0 liter turbocharged yang ditingkatkan yang menghasilkan 328 tenaga kuda dan perkiraan torsi 310 pound-feet. Itu merupakan peningkatan sebesar 22 hp dan 15 lb-ft, cukup untuk membuat S3 lebih kuat dari Golf R (315 hp dan 295 lb-ft) untuk saat ini. Hot hatch VW ini akan mengalami facelift akhir tahun ini, jadi mungkin ada tenaga tambahan yang direncanakan di sana juga. Untuk pasar Eropa sudah ada Golf edisi khusus dengan tenaga 328 hp, menyamai S3 baru.

Pembagi torsi belakang RS3 mengalir ke turunan performa yang lebih rendah. Teknologi ini memungkinkan distribusi torsi variabel penuh antara roda belakang. Bersamaan dengan mode Dynamic Plus yang baru ditambahkan, mobil mengirimkan torsi sebanyak mungkin ke gandar belakang untuk pengalaman yang menyenangkan. Audi tidak menyebutnya sebagai mode drift tetapi menyebutkan S3 kini memiliki kecenderungan oversteer ketika pengaturan paling sporty aktif.

Di tempat lain, mesin 2.0 TFSI idle pada 1.300 rpm (naik 200 rpm) untuk performa off-the-line yang lebih baik dan para insinyur telah membuat respons throttle menjadi lebih langsung. Selain itu, rasio roda gigi sedikit lebih pendek dari sebelumnya dan S3 baru melakukan perpindahan gigi lebih lambat dan turun lebih awal untuk mempertahankan rpm yang lebih tinggi guna ketersediaan tenaga yang lebih besar.

Dibutuhkan 4,4 detik untuk mencapai kecepatan 60 mph dari keadaan diam, menjadikannya sepersepuluh detik lebih cepat daripada S3 2024. Kecepatan tertingginya tetap tidak berubah, pada 155 mph (250 /jam). Kini juga tersedia ban performa Falken 235/35 untuk velg 19 inci, bersama dengan rem depan lebih besar dengan cakram berlubang dan kaliper dua piston baru. Audi juga menyesuaikan evolusi sistem kontrol stabilitas elektronik S3 dan bantalan yang lebih kaku pada suspensi wishbone guna meningkatkan penanganan.

Ada beberapa perubahan gaya halus untuk menjadikan S3 sejalan dengan A3 2025 yang baru diluncurkan yang mendapat lampu LED siang hari yang dapat disesuaikan dengan memilih dari empat desain melalui sistem infotainment. Lampu belakang menampilkan animasi berbeda saat pemilik mengunci/membuka kunci mobil, dan terdapat empat opsi warna: Ascari Blue, District Green, Arkona White, dan Progressive Red. Detail harga belum diungkapkan tetapi sebagai patokan model sebelumnya dijual seharga $48,495 (Rp 779 jutaan). [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
audi s3 2025,
#
audi s3,
#
audi

X