MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Q8 Tampilan Baru Coupe SUV Mewah dari Audi

JUL 25, 2019@08:56 WIB | 262 Views

SUV Coupe Terbaru dari Audi, New Audi Q8 secara resmi telah diperkenalkan  PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 18 Juli 2019 lalu. Audi Q8 menggabungkan keanggunan sebuah coupe mewah empat pintu dengan kepraktisan yang fleksibel dari sebuah SUV dengan bahasa desain eksterior Audi Q terbaru, interior dengan konsep teknologi inovatif berpenampilan rapi dan sederhana dengan perpaduan harmonis antara konsep arsitektur dan konsep operasi yang sangat mudah selaras dengan orientasi garis horizontal yang kuat hingga teknologi mild hybrid yang mendukung performa dan efisiensi SUV sporty lansiran Audi ini.

Desain Eksterior

Dengan dimensi panjang 4,99 meter, lebar 2,00 meter dan tinggi 1,71 meter, Q8 lebih lebar, lebih panjang dan lebih pendek jika dibandingkan Audi Q7, namun dengan jarak sumbu roda yang hampir mencapai 3,00 meter, hal ini menjanjikan keleluasaan di dalam kabinnya yang menjadi salah satu keunggulannya dibanding para kompetitor di kelasnya.

Desain eksterior Audi Q8 menampilkan  wajah baru dari keluarga SUV Q milik Audi. Sosok singleframe grille berbentuk oktagonal di bagian depan kini tampil dengan bingkai lebih tegas, spoiler depan yang lebih menonjol serta lubang udara yang besar mempertegas kesan sporty yang diusungnya. Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar-D yang kokoh di atas garis pahatan khas quattro di atas fender belakang.

Beberapa bagian detail pada badan Q8 juga menampilkan desain orisinal quattro. Spoiler, detail fender roda, garis trim pintu dan diffuser menggunakan warna yang kontras untuk menonjolkan tampilan off-road. Sistem pintu tanpa frame layaknya sebuah sedan coupe.Lampu utama HD Matrix LED juga menunjukkan desain khas Audi terbaru dengan daytime running light (DRL) tiga dimensi dan karakter digital di bagian lampu belakang yang kini tersambung dengan garis lampu di bagian tengahnya.

Interior

Di dalam kabin Q8 menyuguhkan desain interior yang tampil bersih dan sederhana menjadi konsep interior premium terbaru khas Audi. Tampilan panel berwarna hitam bahkan hampir tampak seperti sebuah permukaan yang gelap saat mobil dimatikan. Bagi Audi, interior Q8 yang tampil bersih dan sederhana menjadi nilai kemewahan baru yang menggantikan tampilan rumit untuk menggambarkan kecanggihan teknologi.

Semua elemen pada interior Q8 saling berhubungan satu sama lain secara logis, mulai dari bentuk ventilasi udara datar ke konsol tengah yang lebar lokasi tuas transmisi tiptronic. Saat kabin gelap, lampu kontur opsional menampilkan garis-garis desain khas interior dan memberikan cahaya latar yang istimewa untuk logo quattro tiga dimensi di bagian dashboard. Sebuah bagian yang indah untuk para pecinta detail Audi. Fitur lain yang ditawarkan di bagian kabin adalah kursi dengan fungsi pijat dan ventilasi, dan AC empat zona otomatis. 

Sistem kendali terpusat MMI yang dimiliki Q8 dapat diakses melalui dua layar utama di tengah-tengah dashboard. Yang pertama adalah layar utama berukuran 10,1 inci untuk kendali infotainment dan navigasi, dan layar kedua adalah layar 8,6 inci di bawahnya yang digunakan untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi-fungsi kenyamanan dan input tulisan. Di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi bagi sang pengemudi.

Mesin dan Kemudi

Di balik kap mesin Q8, Audi memilih jantung pacu V6 bensin 3,0 liter yang dapat menghasilkan tenaga puncak 340 hp dan torsi hingga 500 Nm. Berpadu transmisi otomatis 8-speed Tiptronic, SUV ini dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam. Performa terbaik Q8 ini juga dipadukan dengan efisiensi bahan bakar berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid (MHEV) terbaru sebagai fitur standard.

Teknologi ini mengintegrasikan baterai  lithium-ion dan belt alternator starter (BAS) menjadi sistem kelistrikan utama 48-volt. Teknologi ini memungkinkan Q8 untuk menjelajah di antara kecepatan  55 – 160 km/jam dengan kondisi mesin mati, hingga saatnya BAS akan menyalakan kembali mesinnya dengan cepat dan sangat lembut. Saat berdeselerasi  BAS dapat mengumpulkan kembali energi hingga 12kW, hasilnya teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Quattro dan Active Suspension

Sistem penggerak empat roda khas Audi, quattro  tentu saja menjadi bagian tak terpisahkan dari Q8. Limpahan tenaga dari jantung pacunya disalurkan ke keempat rodanya melalui diferential tengah yang mendistribusikan tenaga 40:60 ke sumbu roda depan dan belakang. Jika diperlukan, rasio distribusi  tenaga ini dapat diubah ke sumbu roda yang membutuhkan traksi lebih baik. Ground clearance yang mencapai 254 mm, overhang pendek dan hill descent control menjadikan Q8 dapat menjelajah kemana saja meski lapisan jalan beraspal telah habis.

Sistem suspensi Q8 memberikan kontribusi penting pada pengendalian yang sporty, bahkan pada varian Q8 paling standar. Suspensi five-link di bagian depan dan belakang sebagian besar terbuat dari aluminum. Q8 menggunakan velg berukuran 21 inci yang berbalut ban berukuran 285/45 R21. Rem cakram enam piston dengan kaliper aluminium juga disematkan di roda depan.

Juga terdapat pilihan suspensi dengan damper control sebagai fitur standar dan suspensi udara adaptif dengan pilihan pengaturan confort, auto dan sport. Selain itu juga masih ada empat mode pengaturan suspensi yang dapat dipilih melalui sistem pengendali dinamis Audi drive select, yang memungkinkan ketinggian mobil bertambah hingga 90 mm.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
audi,
#
pt garuda mataram motor,
#
new audi q8