MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Perkenalkan Mobil Otonom AI:ME Tanpa Dashboard di Shanghai Motor Show

APR 17, 2019@12:00 WIB | 908 Views

Audi memperkenalkan model barunya, AI:ME concept yang melenggang di Shanghai Motor Show. Sebelumnya Audi telah memperkenalkan e-tron SUV dan versi produksi e-tron GT serta mobil sport PB18 e-tron yang cantik. Yang perlu digarisbawahi sekilas terlihat kesamaan elemen desain dengan Audi Aicon atau VW I.D. Persangkaan itu benar, bahwa AI : ME concept  merupakan mobil Audi mirip dengan VW I.D.

Saking miripnya, AI: ME dari Audi menggunakan baterai 65 kWh, dibagian bawah lantai, dan mengirimkan daya sebesar 167 bhp, digandar belakang. Secara desain, mobil listrik Audi ini mengusung gaya compact crossover, meski disisi lain lebih pantas sebagai hatchback. Belum ada keterangan resmi platform apa yang digunakan. Namun asumsi menggiring menggunakan MEB electric platform, milik VW Group yang digunakan untuk VW I.D dan SEAT el-Born. 

Secara dimensi, AI:ME  memiliki panjang 4,3 meter, lebar 1,9 meter dan tinggi 1,5 meter.  Secara desain cukup futuristic, sebagaimana yang dimaksudkan oleh kepala desainer Audi, Andreas Mindt. “Semua mobil perkotaan terlihat seperti sebuah box telepon, dan kami mengembangkan mobil tidak seperti gaya itu. Meski AI:ME secara konsep masih simple dan boxy dengan garis-garis yang jelas,” tuturnya, Sejujurnya dirinya mengungkapkan bahwa mobil konsep ini masih terlalu jauh menuju versi produksi.

Sektor eksteriornya tidak luput dari kelengkapan fitur yang unik. Bagian window cukup menarik dengan dibagi menjadi dua bagian, bagian atasnya sebagai bagian yang statis. Sedangkan bagian bawahnya sebagai bagian yang bisa dibuka.  “Konsep jendela lebih dimana posisi kepala Anda, dan disitulah dibuat space yang lebih besar,” tutur Andreas.

Sektor front fascia dilengkapi dengan pencahayaan LED begitu juga dibagian buritan. Rancangan lampu ini dimaksudkan untuk mengirimkan sinyal ke pejalan kaki atau kendaraan lain melalui cahaya elaborative.

Bagian interiornya tidak kalah menggiurkan. Space ruang yang mengesankan, dengan interior kayu, tanaman hidup, dan bahan lembut dari kain untuk bagian jok. Ada dua meja, unit untuk makanan dan gelas, serta meninggalkan gaya tradisional. Termasuk diantaranya, infotainment tradisional yang berpusat di dashboard. AI:ME telah mengantinya dengan augmented reality display, yang bisa dikontrol melalui gesture atau gerakan mata, seperti halnya lensa kamera yang melakukan tracking.

Sejauh ini AI ME telah mengadopsi system autonomi level 4, dengan interior lebih simple dan memfokuskan pada kenyamanan penumpang. Setirnya dapat disimpan, ketika mengaktifkan mode otonom.  Audi memperkenalkan teknologi AI:ME dengan cukup berani, dan memberikan sinyal masa depan mobil nan mewah.[ahs/timBX]

Tags :

#
shanghai auto show,
#
audi ai me,
#
mobil otonom,
#
audi hatchback,
#
audi crossover