MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Kembangkan Sistim Audio 3D

AUG 29, 2017@21:30 WIB | 343 Views

Mendengarkan musik menjadi pengalaman indrawi di Audi A8 yang baru. Sistim audio Bang & Olufsen Advanced Sound System sekarang juga menghadirkan karakter akustik yang unik dari suara 3D sejati ke jok belakang. Membuat merk eempat cincin tersebut menawarkan kualitas suara tingkat pertama di segmen mobil premium.

Mewah terdengar. Generasi baru Audi A8 menunjukkan gaya yang mengesankan ini – setidaknya ada sebanyak 23 loudspeaker dari Bang & Olufsen 3D Advanced  Sound System yang terbuat dari magnet neodymium ultra-ringan dan berdistorsi rendah yang menghasilkan pola suara berirama dan beresolusi tinggi. Penguat amplifier sebesar 1.920 watt milik Bang & Olufsen, beroperasi dengan sangat efisien berkat teknologi ICEpower, menghasilkan suara 3D dengan prosesor sinyal digitalnya. Efeknya sangat mengesankan, terutama saat memutar alunan konser klasik dengan kualitas rekaman tinggi. Di sini interior ditransformasikan menjadi panggung luas dimana musik terdengar persis seperti rekaman di ruang konser - tanpa efek buatan.

Merk yang berbasis di Ingolstadt, Jerman ini pertama kali memperkenalkan suara 3D di Audi Q7 pada tahun 2015 lalu. Di A8 baru ini mereka memasang versi evolusioner dengan memasukkan sistim entertainment kompartemen di belakang mobil. Dua pengeras suara full-range di pilar A dan dua di headlining di atas jok belakang memberi dimensi spasial dan mengembangkan suara surround menjadi pengalaman stereoponis yang sempurna.

Saat sistem infotainment dinyalakan, kedua tweeter di dasbor muncul secara elektrik dari panel instrumen. Berkat Acoustic Lens Technology dari Bang & Olufsen, mereka memastikan bahwa suara didistribusikan dalam kipas horizontal 180-degree. Ada amplifier tersendiri untuk setiap loudspeaker. Untuk menghasilkan suara 3D, sistem tata suara baru mengacu pada algoritma yang dikembangkan Audi bersama Institut Fraunhofer di Erlangen.

Sistim ini menggunakan rekaman stereo 5.1 untuk menghitung informasi untuk dimensi ketiga dan memprosesnya untuk diteruskan ke empat loudspeaker 3D. Hal ini terjadi secara dinamis. Dengan kata lain, algoritma menyesuaikan diri secara individual dengan rekaman sehingga tidak menimbulkan distorsi pada suara.



Pengerjaan sistem suara untuk Audi A8 baru dimulai sejak dini saat mobil ini masih dalam proses pengembangan. "Mengintegrasikan loudspeaker pada titik yang tepat di dalam mobil menjadi kunci 80 persen dari sebuah kualitas audio yang dihasilkan," jelas Wolfram Jähn, pengembang suara/akustik untuk A8. "Mereka perlu dipasang setegak mungkin, jadi kami memasang subwoofer di panel belakang, yang terbuat dari carbon fibre-reinforced polymer. Tujuannya adalah untuk mengisolasi loudspeaker dari bodi mobil dan mencegah getaran menyebar kemana-mana." [bil/timBX]

Tags :

#
audi,
#
blackauto,
#
autonews