MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin Siapkan Penantang Ferrari 296 GTB untuk Tahun 2023

MAR 28, 2022@18:25 WIB | 181 Views

Supercar entry-level dari Inggris ini akan menggunakan V8 hybrid yang bersumber dari AMG.

Aston Martin sedang berupaya memperkuat citranya sebagai produsen mobil asal Inggris yang bonafid sekaligus menjadi pesaing langsung Ferrari, dan pada tahun 2023 akan mengungkap supercar entry-level dengan V8 mid-mount untuk "berhadapan" langsung dengan Ferrari 296 GTB terbaru. Mobil ini akan menjadi tambahan ketiga untuk jajaran supercar bermesin menengah Aston Martin, setelah peluncuran hypercar Valkyrie bermesin Cosworth V12 tahun ini dan peluncuran Valhalla bertenaga V8 pada tahun 2024.

Ketiganya ditampilkan bersama untuk pertama kalinya di pameran mobil Jenewa pada tahun 2019, tetapi sejak itu Aston Martin mengalami banyak perubahan di bawah manajemen dan kepemilikan baru, dengan evolusi mobil produksi Valhalla sebagai bukti pergeseran prioritas.

Seperti Valhalla, supercar bermesin menengah entry-level diharapkan menjadi proposisi yang sangat berbeda pada saat wujud akhirnya terungkap di paruh kedua tahun 2023. Perubahan utama diatur untuk beralih dari mesin bensin V6 milik Aston ke mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang dipasok oleh pemegang saham mayoritas Mercedes-AMG. V8 akan dipasangkan dengan unit penggerak listrik untuk membentuk sistem hybrid plug-in yang berpotensi akan menyaingi supercar paling kuat saat ini.

(via: Autocar)

Valhalla menggunakan versi paling kuat dari M178 V8 AMG, seperti yang ditampilkan dalam Mercedes-AMG GT Black Series hardcore, dengan flat-plane crank dan garis merah 7200rpm. Kemudian juga, Aston Martin telah mengkonfirmasi hibridisasi di semua platformnya pada tahun 2025, sehingga supercar baru ini dapat melengkapi cadangannya dengan motor listrik 201 bhp di gandar belakang, seperti versi PHEV dari GT 63. Ini akan memberikan output gabungan sebesar 831 bhp, slotting model baru antara Aston Martin DBS dan Valhalla. [dhe/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
aston martin,
#
supercar