MENU
icon label
image label
blacklogo

Aprilia: Andrea Dovizioso Tidak Perlu Kehilangan Kemenangan di Qatar

MAR 24, 2019@18:05 WIB | 272 Views

CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, percaya bahwa Andrea Dovizioso harusnya bisa mempertahankan kemenangan Grand Prix Qatar-nya, terlepas dari hasil banding mengenai legalitas winglet yang digunakan Ducati.

Ducati akan mengajukan argumen pelengkap terkait aturan motor di depan Pengadilan Banding FIM pada akhir pekan ini.

Rivola akan bergabung dengan perwakilan dari Honda, Suzuki dan KTM dalam membuat kasus ini dilarang dengan alasan memberikan manfaat aerodinamis.

Tetapi meskipun menjadi salah satu kekuatan pendorong di balik protes awal terhadap Ducati di Qatar, Rivola percaya bahwa pengadilan banding tidak harus berusaha untuk membatalkan kemenangan Dovizioso.

"Tidak boleh ada perubahan pada hasil, Dovizioso harus menjaga kemenangan Qatar dan dari GP Argentina, Ducati harus berjalan tanpa perangkat ini di motornya," kata Rivola kepada Motosprint.

Inti dari kasus Ducati adalah kenyataan bahwa direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge memberikan persetujuan kepada pabrikan Italia untuk menggunakan winglet di Qatar dengan tujuan untuk mendinginkan ban belakang.

Manajer umum Ducati, Gigi Dall'Igna memperingatkan bahwa kurangnya rasa hormat terhadap putusan yang dijatuhkan oleh Aldridge dapat membentuk preseden yang berbahaya.

"Setelah mempertanyakan Direktur Teknis Federasi, yang merupakan satu-satunya dengan peraturan yang dapat memutuskan apakah sesuatu yang dipasang pada motor itu legal atau tidak, ada risiko menjadi seperti kota barat jauh di mana sheriff juga terbunuh," Dall'Igna kepada MotoGP.com.

"Pertama-tama mereka menanyai Direktur Teknis, kemudian mempertanyakan majelis hakim pertama (pengurus lomba). Ini menunjukkan ketidakpercayaan yang penuh pada Federasi."

Namun, Rivola berpikir Aldridge bersalah karena gagal mempertanyakan penjelasan Ducati untuk tujuan winglet tersebut.

"Saya pikir dia (Aldridge) memberikan persetujuannya berdasarkan informasi yang dia miliki, itulah yang diberikan Ducati kepadanya," tambah Rivola. "Tapi dia tidak memeriksa dengan baik, dia memercayai penjelasan mereka.

"Jika dia bertindak dengan itikad baik, dia sekarang harus menjelaskan bahwa dia telah salah paham untuk solusi ini, dan karena itu aturannya harus diulang.

"Direktur teknis mengumpulkan lebih banyak informasi, kemudian menyusun dokumen teknis baru, dan aturan baru ditambahkan. Dan kita semua akan lebih bahagia."

Sumber dan foto: Berbagai sumber

Tags :

#
aprilia,
#
andrea dovizioso,
#
ducati