MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Car Masih Dalam Trek Pengembangan

DEC 29, 2020@09:00 WIB | 218 Views

Apple diberi izin untuk menguji kendaraan otonomnya di jalan umum California pada tahun 2017 lalu. Ini merupakan langkah maju yang besar bagi perusahaan teknologi raksasa tersebut, sekaligus bagi mobil swakemudi miliknya.

Namun, kira-kira setelah 2 tahun berlalu, Apple memutuskan untuk menurunkan proyek dan menghapus sekitar 200 orang dan meninggalkan keraguan tentang masa depan rencana itu. Meski demikian, belakangan diketahui bahwa Apple ternyata masih mengerjakan mobil otonomnya.

Sebelumnya laporan yang beredar, mengklaim Apple sedang dalam pembicaraan awal dengan pemasok komponen yang dibutuhkan untuk kendaraan otonom baru. Kabar ini berkembang setelah analis TF Internasional yang dikenal dengan ketepatannya memprediksi perangkat Apple, Ming-Chi Kuo, angkat suara. Analis tersebut melaporkan prediksi tentang mobil swakemudi Apple, yang menurutnya akan memulai produksi massal pada tahun 2024, untuk meluncur paling cepat pada tahun 2025.

Dokumen penelitian Kuo untuk disampaikan kepada klien, menyebutkan bahwa “Kami memperkirakan dalam laporan sebelumnya bahwa Apple akan meluncurkan Apple Car pada tahun 2023-2025. Namun, survei terbaru kami menunjukkan bahwa jadwal pengembangan Apple Car saat ini tidak jelas”.

“Dan jika pengembangan dimulai tahun ini dan semuanya berjalan dengan baik, maka akan diluncurkan paling cepat pada 2025-2027,” lanjut Kuo.

Namun, laporan samar dari Taiwan yang dirangkum oleh MacRumors, mengklaim bahwa sejumlah pemasok suku cadang Taiwan telah bersiap untuk meningkatkan produksi mobil Apple.

Perusahaan seperti Helda, BizLink-KY, Heqin, dan Tomita, diyakini akan mengerjakan komponen yang harus dikirim selama dua kuartal pertama di tahun 2021. Mereka akan mempercepat pengerjaan produksi untuk memulai debut pada September 2021 mendatang. Selain itu, Apple juga disebut telah menguji lebih dari selusin unit prototipe di California, Amerika Serikat.

Kabar ini memang belum dikonfirmasi langsung oleh pihak Apple, namun ini menjadi rumor kuat sebab dikonfirmasi oleh berbagai pihak pemasok komponen di Taiwan.

Program pengembangan mobil oleh Apple, yang disebut Project Titan ini merupakan ambisi serius Apple di segmen otomotif, khususnya listrik dan otonom. Proyek ini sempat redup lantaran Apple memutuskan mengembangkan semuanya secara mandiri pada tahun 2014. Meski sempat mengalami pasang surut, sejatinya Apple belum keluar jalur dan masih berupaya membuat visi ini terealisasi.

Tahap pengembangan yang tepat dari proyek Apple Car masih menjadi misteri untuk saat ini. Tetapi laporan baru ini tampaknya menunjukkan bahwa raksasa teknologi itu sudah dekat tahap research and development. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
apple car,
#
mobil otonom,
#
mobil otonom apple