MENU
icon label
image label
blacklogo

Apa yang Spesial dari Porsche Macan Turbo with Performance Package ?

JUL 23, 2017@08:05 WIB | 466 Views

Porsche Macan Turbo with Performance Package kini menjadi flagship line-up dari Porsche Macan. Sebagai pemegang mahkota tertinggi dari varian Macan yang ada, apa yang membuat Porsche Macan Turbo with Performance Package begitu istimewa?

Kami pun menanyakannya langsung kepada tim Porsche Singapore. Lim Chun Kiat, Porsche Instructor menjelaskan jika ada banyak item yang menjadi pembeda Porsche Macan Turbo with Performance Package dengan varian Macan lain. Basic-nya memang Macan Turbo, tapi sudah disentuh oleh tim teknisi Porsche sehingga melahirkan sebuah SUV rasa sports car.

Dari luar Porsche Macan Turbo with Performance Package tampak biasa saja. Dan memang Porsche menyarankan untuk para calon peminat model ini merasakan langsung duduk sebagai pengemudinya. Identitas paling jelas dari Macan Turbo Performance Package adalah keberadaan Sport Chrono Package. Indikatornya berupa sebuah stopwatch berbentuk lingkaran yang mirip jam, dan diletakkan di atas dashboard.

Indikator Sport Chrono Package ini terkoneksi dengan tombol "Sport" dan "Sport Plus" di konsol tengah mobil. Bagi Black Pals yang sudah familiar dengan Porsche, maka tentu mengetahui benar apa fungsi dua tombol ini. Yes... Inilah Drive Mode Selection yang biasanya ada pada sports car Porsche dan membuat mobil-mobil tersebut begitu menyenangkan untuk dikendarai. Baik saat di jalan raya ataupun sesekali turun di trek balap.

Kemudian yang bisa Anda rasakan adalah adanya sistem Active All-Wheel Drive yang dinamakan Porsche Traction Managemen (PTM) dan Porsche Stability Management (PSM). Saat kondisi cruising santai di perkotaan maka mobil berpenggerak roda belakang. Namun ketika komputerasi kendaraan mendeteksi roda depan kekurangan traksi, maka PTM akan membuat suplai tenaga tersalur juga ke roda depan. Sehingga traksi tetap terjaga. Maklum memang, karena Macan sejatinya adalah SUV yang punya habitat melintas di medan-medan berat. Misalnya jalan bebatuan atau di jalan bersalju.

Sementara itu PSM berhubungan juga dengan Porsche Active Suspension Management (PASM). Menggunakan suspensi udara aktif, pada model ini ketinggian mobil turun 15mm dibanding Macan Turbo standar. itu tentunya membuat pengendalian naik kelas tingkat kepresisiannya. PSM akan membuat mobil seminimal mungkin mengalami gejala oversteer dan understeer. Namun buang jauh-jauh pikiran And ajika suspensi sport ini bakal membuat kenyamanan Porsche Macan berkurang. Black Pals masih tetap mendapatkan kenikmatan untuk membawa kendaraan ini pelesir di akhir pekan, bahkan saat bersama keluarga Anda.

Itu saja yang berubah? Ternyata tidak Black pals! masih seputar kaki-kaki, Porsche mendesain kedua roda depan Porsche Macan Turbo with Performance Package kini memakai disk brake berdiameter 390mm. Ini 30mm lebih lebar dari Macan Turbo, dan kaliper ini semua bagiannya di cat mereah sehingga terlihat lebih agresif. Pemakaian rem diameter besar itu bukan karena alasan estetika semata, namun demi keselamatan pengemudi dan penumpang didalamnya.

Hal ini dikarenakan mesin 3.6-liter V6 twin-turbocharged yang dimilikinya mampu memproduksi daya 440 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimumnya di 600 Nm pada 1.500-4.500 rpm. Catatan itu 40 hp lebih baik dan 50 Nm lebih tinggi dari Macan Turbo. Karena daya mesinnya bertambah, maka kecepatan sprint dari model ini juga menjadi 4,4 detik untuk menggapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam. Padahal Macan Turbo punya kemampuan akselerasi yang sama namun di 4,6 detik. Topspeed juga ikut naik dari 266 km/jam jadi 272 kpj. Wow...! [Pra/BX]

Tags :

#
porsche,
#
porsche macan,
#
porsche macan turbo,
#
porsche macan turbo with performance package