MENU
icon label
image label
blacklogo

Android Automotive OS Ubah Volvo Polestar 2 jadi Smart Car

MAY 13, 2020@19:00 WIB | 456 Views

Akhirnya ada sesuatu yang tak ditunda dan dibatalkan oleh pandemi virus Corona, peluncuran Polestar 2. Polestar 2 adalah mobil listrik Volvo yang dibekali dengan sistem Google infotainment. Pengantaran untuk mobil listrik perdana pabrikan mobil asal Swedia ini dimulai di Amerika Serikat pada pertengahan tahun.

Polestar 1 pendahulunya yang luncur di tahun 2019 lalu merupakan mobil hybrid yang jadi pijakan Volvo untuk masuk ke mobil full listrik walaupun harga yang dipasang cukup mahal saat itu, hingga Rp 1,6 miliar.

Kini, mobil full listrik Volvo Polestar 2 hanya akan dilepas dengan harga USD 59.000 atau sekitar Rp 870 jutaan. Mobil empat pintu ini akan jadi mobil pertama yang dibekali Google Maps, Google Assistant dan Google Play Store tertanam di dalamnya.

Mobil listrik dengan jarak tempuh baterai 442 kilometer sekali charge ini tak hanya menarik karena ia tetap akan hadir saat Corona, tapi juga karena integrasi Google-nya. Kini pun dukungan Android pada mobil tak lagi bernama Android Auto namun berubah menjadi Android Automotive OS.

Sangat berbeda dengan Android Auto, Android Automotive OS kini tak hanya menawarkan dukungan mirroring smartphone Android. Integrasi ini hadir dalam berbagai bentuk yang disesuaikan dengan gaya Volvo sendiri, mungkin sesuatu yang tidak pernah kita lihat sebelumnya.

Ya, ini memang masih versi purwarupa dari Android Automotive, namun memang sudha hampir sempurna. Secara tampilan di mobil, layar seperti tablet tertanam di tengah berukuran 11 inci, mirip-mirip Tesla. Namun ada layar lagi berukuran lebih besar sekitar 12 inci yang terletak di atas setir yang menyampaikan info penting dari Google Maps.

Semua bekerja layaknya smartphone dan tablet dengan layar kedua yang menggantikan panel speedometer dan MID. Tak seperti Android Auto, ia tidak membutuhkan mirroring dari smartphone sama sekali. Lebih jauh lagi, Android Automotive OS mampu difungsikan untuk mengatur temperatur AC, setir, rem dan fungsi kunci mekanikal lainnya, dan semuanya dapat dilakukan lewat console di tengah dan lewat perintah suara berkat Google Assistant. [leo/timBX]

Tags :

#
polestar 2,
#
mobil listrik,
#
mobil listrik volvo