MENU
icon label
image label
blacklogo

Akhir Tahun, Hyundai Perkenalkan Casper Sebagai Merek SUV Terkecil

AUG 30, 2021@14:30 WIB | 186 Views

Berbagai macam SUV Hyundai akan berkembang lebih jauh dengan penambahan SUV segmen-A kecil yang dapat ditawarkan dalam varian ICE dan BEV. Model baru ini dikabarkan menyandang papan nama Casper yang sudah menjadi merek dagang Hyundai. Awalnya akan ditawarkan di Korea dan India, tetapi di masa depan, mungkin juga ditawarkan di Eropa sebagai SUV entry-level Hyundai.

Awalnya diberi nama kode AX-1, Casper digoda beberapa bulan lalu dengan dua gambar gelap yang memperlihatkan lampu depan ganda dengan LED bundar di bumper depan dan desain lampu belakang futuristic honeycomb. Prototipe yang disamarkan telah terlihat mengenakan unit pencahayaan yang sama dengan dimensi eksterior yang ringkas dan fitur desain yang berani.

Memang, Casper akan jauh lebih kecil daripada Bayon, Creta, Venue dan Kona, yang semuanya diklasifikasikan sebagai B-SUV yang dijual di berbagai belahan dunia. Berdasarkan platform K1 yang saat ini menopang Hyundai i10, Casper dikabarkan memiliki panjang sekitar 3,6 m (141,7 inci). Model saingan akan mencakup Suzuki Ignis dan Renault Kwid.

Mengutip dokumen yang bocor, media lokal menyarankan bahwa Casper akan tersedia di Korea Selatan dengan mesin 1.0 liter dalam varian naturally aspirated dan turbocharged yang masing-masing menghasilkan 75 hp (56 kW / 76 PS) dan 99 hp (74 kW / 100 PS). Namun, model spesifikasi India juga bisa mendapatkan powertrain lain termasuk mesin bensin 1,2 liter yang ada pada model berukuran serupa lainnya.

Selain varian bertenaga ICE yang dikabarkan, Casper juga dapat ditawarkan dalam bentuk BEV (Battery Electric Vehicle). Telah dikonfirmasi oleh BorgWarner bahwa kendaraan all electric A-Segment dari Hyundai akan mulai diproduksi pada pertengahan tahun 2023. Meskipun tidak yakin apakah itu akan menjadi mobil kota atau SUV kota dan apakah itu akan dijual dengan lencana Hyundai atau Kia (atau keduanya), ada kemungkinan bahwa dokumen tersebut mengacu pada Casper mengingat waktu rilis.

BorgWarner akan memasok integrated drive module (iDM) untuk kendaraan A-Segment. Powertrain iDM146 akan terdiri dari motor listrik, gearbox, dan inverter sambil dapat disesuaikan. Ini akan beroperasi pada 400V dengan daya puncak 181 hp (135 kW / 184 PS) meskipun kemungkinan kendaraan ringan seperti itu akan menggunakan versi yang kurang bertenaga.

Produksi Hyundai Caspter diduga akan dimulai September ini di Korea, dengan peluncuran pasar 2022 untuk India. Sedangkan untuk versi full elektrik, diperkirakan akan memasuki pasar pada pertengahan 2023 tetapi debut lebih awal juga dimungkinkan. [ibd/timBX]

Tags :

#
hyundai casper,
#
hyundai