MENU
icon label
image label
blacklogo

Acura TLX Siap Luncur Berbekal Tampilan dan Mesin V-6 Turbo Baru

MAY 29, 2020@16:50 WIB | 96 Views

Acura akhirnya resmi membuka selubung sedan TLX terbarunya. Dibekali mesin bertenaga turbo ganda dan desain layout yang benar-benar baru, mobil ini akan mulai tersedia akhir tahun dengan harga sekitar Rp 440 juta.

Ground clearance lebih rendah, body lebih lebar dan panjang, TLX 2021 terlihat sangat berbeda dari segi gaya dari pada pendahulunya. Secara desain mobil ini mengadopsi konsep Type S dengan wajah lebih meruncing, grille pentagonal yang dibentuk ulang, dan lampu LED DRL berbentuk chicane.

Kabin didesain menempati tempat agak mundur di belakang, menonjolkan kesan berotot dan gagah. Di bawah kap mesin, TLX dibenamkan mesin DOHC 2000cc empat silinder segaris, direct injected, dan dibekali turbo dengan VTEC. Dari setup ini Acura TLX mampu menghasilkan tenaga 272 hp.

Tenaga disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis sepuluh percepatan. Selain penggerak roda depan, Acura juga menghadirkan versi AWD yang mampu mendorong 70 persen torsi mesin ke roda belakang.

Berbicara sasis, TLX 2021 juga tak luput dari perhatian. Strut suspensi MacPherson di depan diganti dengan setup wishbone ganda, dikawinkan dengan multilink bagian belakang yang juga didesian ulang. Power steering elektrik ini juga dibekali variable ratio dan body-nya juga sudah di-tuning agar ke-rigid-an saat torsi meningkat 50 persen.

Tak hanya itu, untuk sistem brake by wire, TLX meminjam milik supercar Acura NSX. Kembali lagi setelah cukup lama vakum, TLX Type S dibekali mesin DOHC 3000cc dengan twin scroll turbo, direct injected, V-6.

Sayangnya Acura hingga kini belum mengeluarkan spesfikasi performanya, namun disebuatkan jika ia dikembangkan oleh arsitek yang membangun mesin NSX twin turbo V-6. Untuk versi Type S, 10 percepatan otomatisnya juga akan di-tuning khusus dan juga meluncur dengan tenaga empat roda.

Type S juga akan dibekali rem Brembo di roda depan, desain bemper baru, spoiler, splitter, diffuser dan empat corong knalpot, velg 20”, dan juga performance tires.

Pindah ke dalam, TLX 2021 juga memiliki desain ashboard baru dengan panel tengah yang lebar, dan panel instrument yang kengkap. Sama seperti banyak mobil canggih terbaru, TLX juga dilengkapi gauge cluster bertipe layar warna digital berukuran 7”.

Acura mengatakan jika TLX 2021 akan mulai dijual akhir tahun 2020 dan mendarat di dealer mulai awal tahun. Blackpals ada yang berminat? [leo/asl/timBX]

Tags :

#
acura,
#
acura tlx,
#
mesin v-6 turbo baru