MENU
icon label
image label
blacklogo

9 Lamborghini yang Terlupakan

FEB 02, 2021@10:30 WIB | 258 Views

Lamborghini memiliki warisan yang luar biasa. Perusahaan dibuat karena frustrasi dengan Ferrari kemudian memproduksi Miura, supercar bermesin tengah jalan raya pertama. Dari sana ada daftar poster mobil pada dinding kamar remaja seperti Countach, Diablo, Murcielago, dan Aventador.

Namun, di antara para selebritas otomotif ini, ada beberapa celah di mana model Lamborghini yang kurang terkenal. Antara lain mobil empat tempat duduk, mobil yang tampak mencurigakan seperti Ferrari, truk, sepeda motor, dan yang tampak seperti inspirasi Tesla Cybertruck.

Lamborghini Espada

Menyusul kesuksesan Miura di awal 1960-an, Lamborghini dengan grand tourer empat kursi. Desain Espada membutuhkan banyak waktu, tetapi tidak ada yang bisa membantah dengan mesin V12 3,9 liter di bawah kapnya, menghasilkan 345 hp dalam iterasi mobil yang paling kuat. Untuk mobil yang sebagian besar dilupakan, itu sangat sukses untuk Lamborghini. Antara 1968 hingga 1978 total 1.217 model dibuat, menjadikannya kendaraan terlaris Lamborghini sampai Countach menggemparkan dunia.

Lamborghini Design 90

Sebelum Lamborghini membeli perusahaan sepeda motor Italia, Ducati, pabrikan supercar tersebut mengambil langkah untuk membangun superbike sendiri. Sebagian besar Design 90 outsourcing, tapi itu dimaksudkan agar Lamborghini terjun ke dunia sepeda motor. Dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Boxer Bikes, dan mesinnya adalah 130 tenaga kuda yang dipasok oleh Kawasaki. Dibangun menggunakan bingkai aluminium dan badan fiberglass untuk menurunkan berat menjadi 400 lbs. Proyek ini ditangguhkan hanya setahun ketika Chrysler membeli Lamborghini dengan hanya enam dari lima puluh pesanan yang dibuat.

Lamborghini Islero

Mengikuti Miura dan bersamaan dengan Espada, Lamborghini membangun pengganti untuk pembaruan mobil sport pertamanya, 350GT. 400GT digantikan oleh Islero empat tempat duduk 4.0 liter V12. Itu cepat untuk masanya, dengan 325 hp yang mendorongnya 60 mph dalam 6,4 detik dan memberikan kecepatan tertinggi 154 mph. Sayangnya, gayanya langsung dilupakan, dan Islero dikirim ke tempat produksi setelah satu tahun. Dengan hanya 250 model yang dirancang sebelum 1969 berakhir.

Lamborghini Jarama

Hampir sama tak terlupakannya dengan Jarama. Alih-alih mengadaptasi Islero untuk bekerja dengan standar keamanan AS yang baru, Lamborghini membangun mobil baru dengan versi singkat dari platform Espada. Itu lebih berat dari mobil sebelumnya, tetapi V12 ditingkatkan menjadi 365 hp untuk mengimbangi bobot ekstra. Ini jelas merupakan mobil yang tampak menarik sebagai tampilan yang lebih modern dari Espada, dan kami menyukai lampu depan tertutup yang semuanya keren tahun 1970-an. Jarama cukup sukses dan beroperasi dari 1970 hingga 1976 dengan 328 unit yang dirancang.

Lamborghini Urraco

Melanjutkan tema model Lamborghini empat tempat duduk, Urraco adalah salah satu model Lamborghini yang tampak paling aneh. Dari 1973 hingga 1979, Urraco memiliki tiga opsi untuk mesin. Yang tersedia adalah V8 2.0, 2.5 atau 3.0 liter, dan model P300 yang paling bertenaga menghasilkan 247 hp dan dapat mencapai 60 mph dalam 5,6 detik. Hanya 776 unit yang dirancang, tetapi jumlahnya yang sedikit tidak menjadikannya model yang disukai di kalangan kolektor. Gayanya yang monoton tidak kontroversial menurut standar normal, apalagi Lamborghini. Kami pikir itu bertahan jauh lebih baik daripada Espada yang benar-benar buruk.

Lamborghini Silhouette

Bagian depan tampak seperti pendahulu Ferarri 308, sedangkan bagian belakang memiliki petunjuk bahasa desain Countach yang diterapkan. Ini dimulai sebagai latihan gaya untuk Bertone, dan hubungan dengan Countach bukanlah kebetulan. Idenya adalah untuk membangun pesaing Ferrari Dino, melayani pasar supercar kelas bawah dan memberikan sesuatu yang menarik bagi mereka yang tidak mampu membeli Countach. Hanya 54 unit yang dirancang, dan hanya 31 yang diketahui ada, semuanya didukung oleh V8 3.0 liter dari Urraco, menghasilkan sekitar 260 hp. Ini juga model Lamborghini top Targa pertama.

Lamborghini Jalpa

Silhouette tidak tepat sasaran, tetapi berkembang menjadi Jalpa yang cukup sukses. Itu tiba pada tahun 1981 dan dijual sampai 1989 ketika Chrysler membeli Lamborghini dan pengembangan Diablo dimulai. Jalpa adalah Lamborghini bertenaga V8 terakhir sampai Urus muncul, dan menggunakan versi 3.5 liter dari benjolan Silhouette, menghasilkan 255 hp. Itu terjadi di barisan sebagai alternatif (relatif) murah untuk Countach, dan jauh lebih mudah untuk dikendarai. Hanya 410 unit yang terjual, dan beberapa datang dengan sayap belakang besar opsional mirip dengan yang ada di Countach.

Lamborghini LM002

LM002 mungkin adalah model Lamborghini yang paling terkenal. Merupakan hasil dari dua prototipe yang ditujukan untuk penggunaan militer tetapi tidak cukup baik untuk layanan. Lima versi model seri Lamborghini Militaria dibuat, tetapi hanya LM002 yang berhasil diproduksi. Hanya 300 unit yang terjual, dan pemilik "Rambo Lambo" termasuk Kolonel Gadaffi, Pablo Escobar, dan putra Saddam Hussein, Uday. Versi terakhir LM002 datang dengan V12 dari Lamborghini Countach di depan, tetapi Lamborghini mencoba mesin dan konfigurasi yang berbeda. Bagi mereka yang menginginkan tenaga gila, spesifikasi powerboat di lepas pantai kelas 1 Lamborghini L804 tipe 7.2 liter V12 menjadi pilihan.

Lamborghini Countach Evoluzione

Ada beberapa konsep Lamborghini yang gila di luar sana, tetapi Countach Evoluzione sering dilupakan. Itu adalah ujian bergulir untuk ide-ide baru dan dikembangkan oleh Horatio Pagani ketika dia menjadi kepala departemen pengembangan Lamborghini. Pagani percaya serat karbon adalah masa depan dan secara praktis memohon pada Lamborghini untuk membiarkan dia mulai bereksperimen dengannya. Namun, petinggi tersebut mengatakan kepadanya bahwa jika Ferrari tidak menggunakan komposit mahal, Lamborghini tidak perlu melakukannya.

Pagani tidak memilikinya, dan mendapat pinjaman bank untuk membeli autoclave untuk membuat serat karbon. Dengan menggunakan itu, dia memulai departemen komposit. Dengan menggunakan bahan yang baru, Pagani memangkas 1.100 pound dari berat Countach standar. Lamborghini menunjukkan Evoluzione terlalu mahal untuk dirancang dan akan menghabiskan banyak uang untuk memperbaikinya ketika jatuh. Kuningan membatalkan idenya, tetapi Ferrari kemudian merilis F40 berbasis komposit. Pagani pergi beberapa tahun kemudian, membawa otoklafnya dan menggunakannya untuk merancang Zonda. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
lamborghini,
#
lamborghini espada,
#
lamborghini islero