MENU
icon label
image label
blacklogo

8 Fitur Keren Hyundai Ioniq 5

MAY 02, 2021@11:00 WIB | 469 Views

Hyundai memulai sub-merek listrik barunya dengan sesuatu yang sangat indah, yaitu Ioniq 5 yang merupakan crossover ukuran sedang dengan proporsi hot hatch. Meski desainnya tajam dan modern, termasuk lipatan berbentuk Z yang merupakan bagian dari bahasa desain baru Hyundai, Hyundai mengatakan Ioniq 5 terinspirasi oleh mobil produksi pertamanya.

Lalu bagaimana dengan fiturnya? Ada 8 delapan yang sangat keren seperti berikut ini:

1. Desain nan estetik

Hyundai telah menempuh perjalanan yang sangat jauh dalam hal estetika, tetapi ada lebih banyak dari Ionic 5 daripada tampilan hot hatch generasi berikutnya di Eropa. Lampu Parametrik Pixel, dengan cluster mirip pikselnya, merupakan pengakuan berseni dari asal digital Ioniq 5.

Secara bersamaan, kap clamshell dan gagang pintu flush adalah trik lawas untuk memaksimalkan efisiensi aerodinamis. Roda yang dioptimalkan untuk aero akan tersedia dalam ukuran hingga 20 inci dan mengusung tema desain Parametric Pixel. Ada banyak hal yang disukai tentang gaya Ioniq 5, tetapi cluster cahaya bisa dibilang aspek individu paling keren.

2. Ruang kegiatan

Ioniq 5 memiliki wheelbase 118 inci, yang hampir empat inci lebih panjang dari SUV Palisade tiga baris milik Hyundai. Selain itu, interiornya tidak dibebani oleh terowongan transmisi dan memiliki lantai yang datar. Itu memberi ruang bagi Hyundai untuk menerapkan tema  'Living Space' pada interiornya. Ini berarti banyak ruang untuk berbaring dan bersantai, serta banyak ruang kepala dan banyak ruang penyimpanan yang bisa digunakan, termasuk penyimpanan untuk dompet.

Kursi dapat direbahkan, lengkap dengan penyangga kaki bawah bergaya kabin kelas satu di kursi depan. Hyundai bahkan menggembar-gemborkan adanya atap kaca satu panel sehingga pemilik bisa bersandar sambil melihat langit. Terakhir, pemilik dapat menyimpan semua barang dalam ruang kargo 18,7 kaki kubik.

3. Performa solid

Tenaga berasal dari baterai 58-kWh atau 72,6-kWh yang dihubungkan ke motor listrik belakang tunggal atau tata letak motor ganda. Dengan konfigurasi penggerak dua roda dan baterai 72,6 kWh, Ioniq 5 akan melaju hingga 62 mph dalam waktu 7,4 detik sambil menempuh jarak hampir 300 mil. Varian all-wheel-drive dengan baterai 72.6-kWh menghasilkan tenaga 301 hp (tenaga kuda) dan torsi 446 lb-ft dan akan melaju dari 0-62 mph dalam waktu 5,2 detik dan mencapai 100 mph.

Dari perspektif jangkauan, siklus uji WLTP menyarankan antara 292 dan 298 mil bisa dicapai pada model 2WD dengan baterai yang lebih besar.

4. Teknologi pengisian baterai

Agar kendaraan listrik diadopsi secara luas, pengisian baterainya harus cepat dan nyaman. Hyundai mengklaim bahwa Ioniq 5 dapat diisi daya dari 10% hingga 90% dalam waktu 18 menit menggunakan pengisi daya 350 kW, yang merupakan awal yang baik. Produsen mobil Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa jarak hingga 62 mil dapat diisi ulang hanya dalam 5 menit.

Untuk kenyamanan, pemilik dapat memulai dan menghentikan pengisian daya dengan satu sentuhan tombol pada aplikasi smartphone mereka, dan Remote Climate Control memberikan opsi untuk menjadwalkan pemanasan awal kendaraan saat terhubung ke sumber daya. Sistem pengisian daya E-GMP Hyundai dapat mendukung infrastruktur pengisian daya 400-V dan 800-V dengan menggunakan motor dan inverter untuk meningkatkan 400 V hingga 800 V untuk pengisian daya yang stabil.

5. Augmented Reality HUD

Dalam siaran persnya, Hyundai mengulas tentang Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD). Rencana untuk membuatnya untuk merek tersebut dimulai pada tahun 2020 ketika Hyundai Mobis, bagian dan bagian servis Hyundai, berinvestasi di Envisics, sebuah perusahaan AR HUD yang berbasis di Inggris.

Hyundai belum memberikan detail nyata tentang sistem tersebut, tetapi itu mungkin mirip dengan teknologi AR-HUD Mercedes-Benz.

6. Hyundai SmartSense

Semi-otonom Hyundai "Highway Driving Assist 2" (HDA2) juga telah dikembangkan sejak 2017. Sekali lagi, Hyundai mengulasnya, tetapi dikembangkan menjadi fitur otonom Level 2, mirip dengan Autopilot Tesla.

Pada GV80, sistem menjaga jarak yang aman dan "ketika sinyal belok digunakan lebih dari 60 km/jam, ini membantu untuk bergabung dalam situasi yang padat".

Ini juga termasuk Smart Cruise Control, yang mempelajari kebiasaan pengemudi mengenai hal-hal seperti kecepatan dan jarak antara mobil di depan yang berada di jalan bebas hambatan. Fitur-fitur ini menghilangkan stres dalam perjalanan sehari-hari dan meningkatkan keselamatan.

7. Sistem sebagai pengisi daya

Ioniq 5 memiliki V2L (Vehicle-To-Load system), yang pada dasarnya merupakan sistem keluaran yang menggunakan inverter sehingga kendaraan dapat digunakan sebagai pengisi daya.

Pemilik dapat mengisi daya ponsel melalui port USB, tetapi ini untuk peralatan yang lebih besar seperti sepeda listrik. Ada dua port V2L di mobil, satu di bawah kursi penumpang baris kedua, dan yang lainnya ada di luar dan disimpan di samping soket pengisi daya. Ford F-150 memiliki sesuatu yang serupa dan manfaatnya terbukti luar biasa di Texas.

8. Bahan interior yang ramah lingkungan

Beralih ke tenaga listrik untuk mobil sementara pada saat yang sama mengalihkan pembangkitan listrik ke sumber terbarukan adalah tujuan utama industri otomotif dan masyarakat.

Pergeseran lain dalam industri otomotif adalah menggunakan bahan yang bersumber secara berkelanjutan dan bahan yang lebih ramah lingkungan. Mereka cukup jauh dari menghindari penggunaan plastik baru, tetapi produsen mobil mulai meminimalkan penggunaannya.

Di dalam Ioniq 5, banyak titik kontak seperti jok, sandaran tangan, trim pintu dan penutup lantai dibuat menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan tersebut termasuk plastik botol PET daur ulang, benang nabati, benang wol alami, kulit yang diproses dengan ekstrak nabati daripada bahan kimia berbahaya sebagai bahan penyamakan utama, dan bahkan cat menggunakan ekstrak tumbuhan untuk pigmen.

Secara keseluruhan, mobil ini adalah paket yang menarik. [dhe/asl/timBX]

Tags :

#
hyundai,
#
hyundai ioniq 5,
#
fitur hyundai ioniq 5,
#
crossover