MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Kelebihan All New Honda Brio Dibanding Pendahulunya

NOV 06, 2018@12:00 WIB | 2,304 Views

Karena semuanya serba baru, masih saja ada pihak yang ragu, kalau All New Honda Brio ini tetap terasa seperti pendahulunya. Kenapa begitu? Ini bisa dilihat dari basis Brio masih sama. Mesin dan transmisi serupa, bahkan desain dasbor dipertahankan. Membuatnya kurang cocok dikatakan generasi baru, melainkan major change saja.

Namun, setelah Blackxperience mengujinya langsung di Pulau Dewata beberapa waktu yang lalu, kami harus akui, keraguan itu sirna seketika. Platform, desain eksterior dan interior benar-benar dirancang dari awal lagi. Setidaknya ada empat penyempurnaan pada All New Honda Brio ketimbang versi lawasnya. Apa saja?

1. Sasis Ditarik Makin Panjang

Agar menyembuhkan penyakit sempit yang hinggap di Brio sejak awal meluncur, sasis pun dipanjangkan. Hasilnya, wheelbase bertambah 60 mm dan panjang keseluruhan melar 160 mm. Berimbas signifikan bagi penumpang belakang. Ruang kaki jauh lebih lapang dan bisa menambah head rest di jok.

2. Bagasi Makin Luas

Sementara itu, bertambahnya ruang bagasi hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar sebanyak 258 liter atau 84 liter lebih besar dari versi sebelumnya, jadi bisa digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah.

Mau tidak mau, desain buritan turut terkena permak. Ciri khas kaca besar yang berperan juga sebagai pintu bagasi akhirnya hilang. Ini Honda menamakannya dengan Tailgate Style yang selain lebih kokoh untuk memberikan rasa aman, juga membuat visibilitas belakang semakin baik.

3. Bahan Berkualitas Tinggi

All New Honda Brio memiliki kursi yang lebih tebal berlapis kain dengan tekstur yang halus. Untuk semua grade, sandaran kepala di baris kursi kedua dirancang terpisah untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan. Tidak hanya itu, nuansa warna yang berbeda pada kursi depan memberikan kesan lebih lega.

4. Revisi Suspensi

Honda mengatakan mereka juga melakukan revisi bagian kaki-kaki karena efek dari bertambahnya panjang  dan bobotnya. Suspensi diracik ulang, baik untuk roda depan dan belakang. Mulai dari spring rate per, damper shockbreaker, bushing-bushing dan juga diameter stabilizer yang lebih besar.

Terasa sekali Brio generasi kedua ini memiliki agility yang lebih baik walaupun posturnya bertambah berat dan lebih panjang. Tetap lincah saat bermanuver, meski terasa lebih keras dari sebelumnya sehingga konsekuensinya kenyamanan penumpang jadi sedikit berkurang saat melewati permukaan jalan yang tidak mulus. Tapi saat melesat di kecepatan tinggi, All New Brio begitu stabil.

Itu memang konsekuensi yang harus diambil PT Honda Prospect Motor untuk menjawab keinginan pasar. Sekarang All New Brio semakin cocok dijadikan mobil keluarga. Asalkan, keluarga kecil, yang kebutuhannya sesuai akomodasi city car jenis hatchback, ya. [bil/timBX]

Tags :

#
honda,
#
all new honda brio,
#
honda prospect motor,
#
autonews