MENU
icon label
image label
blacklogo

2024 Renault 4 Dirender Dengan Tampilan Boxy Crossover, Akan Dinamai 4ever?

JAN 04, 2022@12:30 WIB | 360 Views

Dikenal juga sebagai Quatrelle, Renault 4 diproduksi dari awal 60-an hingga 90-an. Lebih dari delapan juta contoh diproduksi pada periode ini di negara-negara seperti Aljazair, Yugoslavia, Uruguay, dan Australia. Dikembangkan secara khusus untuk mengalihkan pandangan pelanggan dari Citroen 2CV, Quatrelle memegang gelar mobil hatchback produksi massal pertama di dunia.

Ditawarkan dalam beragam kustomisasi bodi dengan suspensi independen ber-travel panjang, Renault 4 ini lebih superior dibandingkan Citroen 2CV yang lebih ‘agrikultur’ berkat fitur liquid cooling dan mesin empat silinder dibandingkan dengan mesin boxer twin-pot air cooling yang digunakan pada Citroen 2CV. Namun di sisi lain, Renault awalnya menawarkan transmisi manual tiga percepatan dan Citroen 2CV selama 13 tahun produksinya menggunakan transmisi empat percepatan.

Di Kolombia, mobil ini biasa disebut ‘amigo fiel’, yang berarti teman setia, nama panggilan yang berasal dari ketangguhan dan kehandalan mobil ini. Tapi seperti Beetle, renault 4 sudah cukup usang selama tahun 1980-an ketika Renault memulai pengembangan awal pada Twingo. Disuntik mati pada tahun 1994 tepat ketika Twingo mulai menggemparkan Eropa, Quatrelle tetap menjadi pendukung industri otomotif dan mobil emosional bagi banyak mantan pelanggan.

Ada desas-desus tentang kembalinya Renault 4 dalam beberapa tahun terakhir, tetapi ketika Renault bersiap untuk membuat kendaraan tanpa emisi, econobox jadul telah dihidupkan kembali dalam bentuk crossover 4ever all-electric.

Dijadwalkan untuk diluncurkan sekitar tahun kalender 2024 dengan basis dari Renault 5 hatchback, Renault 4 disepelekan oleh kepala eksekutif Luca de Meo pada Juni 2021 selama konferensi pers. Mengambil inspirasi dari gambar itu, seniman Photoshop Bernhard Reichel telah membayangkan produksi seri 4ever sebagai saudara kandung dari Megane E-Tech berukuran subcompact.

Sebanyak 10 kendaraan listrik akan diluncurkan pada 2025 menurut Renault, tujuh diantaranya akan menyandang nama pabrikan asal Prancis ini. Tiga lainnya kemungkinan dari Alpine. Merek Dacia sudah menjual mobil listrik Spring yang dibuat di China hasil kerjasama dengan Renault. [fkg/zz/timBX]

Tags :

#
2024 renault 4,
#
renault