MENU
icon label
image label
blacklogo

20 Tahun Mercedes-Benz CL 55 AMG F1, Kini Jadi Barang Kolektor

MAY 28, 2020@14:00 WIB | 102 Views

Teknologi race car di jalanan, itulah yang ada di pikiran Mercedes-Benz sehingga melahirkan Edisi Terbatas CL 55 AMG F1 pada akhir Mei 2000. Mobil ini merupakan salah satu mobil termewah dalam seri C215 yang diproduksi dari tahun 1999 hingga 2006.  Spesifikasi teknis dan desain mobil super-sport inovatif ini didasarkan pada Safety Car F1 pada masa itu, yang dikendarai oleh Bernd Mayländer. Hanya 55 mobil diproduksi pada tahun 2001, yang menjadikannya barang kolektor.

CL 55 AMG F1 Limited Edition bukanlah mobil yang sederhana, karena memiliki mesin 5.5 liter AMG V8 hi performance. Mesin ini memiliki tenaga hingga 360 hp pada 5.500 rpm dan torsi 530 Nm pada 3.150 hingga 4.500 rpm. Kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 250 km / jam. Sistem pengereman yang terbaik waktu itu adalah hasil dari kombinasi rem ventilated brake discs yang terbuat yang diperkuat serat dan kaliper rem piston yang dikembangkan oleh Brembo.

Teknologi ini benar-benar baru untuk mobil produksi pada saat itu. Keuntungannya termasuk respons yang sangat sensitif terhadap aksi pengereman, ketahanan panas pengereman yang sangat tinggi, dan penurunan berat cakram rem, yang 60 persen lebih ringan daripada cakram baja konvensional. Pengurangan nyata dalam massa yang tidak tersangkut memungkinkan pengemudi model khusus ini mengalami dinamika kendaraan yang ditingkatkan dan kenikmatan berkendara yang lebih besar.

Cakram Berteknologi Tinggi Diproduksi Di Rumah

"Bagian terpenting dari sebuah mobil sport bukanlah mesin, tetapi rem." Itulah menurut Mika Häkkinen, Juara Dunia Formula Satu pada tahun 1998 dan 1999.  Rem cakram coupé ini diproduksi oleh pabrik Mercedes-Benz di Esslingen-Mettingen, dengan proses berteknologi tinggi yaitu serat karbon, bubuk karbon dan resin dengan pressure bertekanan tinggi dan kemudian dibakar pada 1.000 derajat Celcius. Ketika proses pendinginan, rem cakram ini akan dicek sebelum menambahkan bahan silikon cair. Matriks karbon di rem tersebut menyerap silikon seperti spons dan menghasilkan ceramic.

Selain itu, mobil ini menggunakan velg alloy ringan AMG 19 inci, dengan lebar 8,5 inci di depan dan 9,5 inci di belakang, plus ban depan 255/40 ZR 19 dan ban belakang 285/35 ZR 19. Konfigurasi suspensi sporty ABC (Active Body Control) memberikan pengalaman berkendara yang sangat dinamis. Sistem pengereman ABS, Brake Assist dan Electronic Stability Program ESP menambah keamanan ketika berkendara.

Mobil ini hanya tersedia dalam warna perak metalik, sama seperti Safety Car Formula Satu yang saat itu digunakan. Kursi depan dengan nuansa sporty dan pelapis kulit hitam dan perak dengan sulaman logo AMG, setir sport AMG dengan lapisan kulit berpori, elemen trim dengan serat karbon, tuas shifter dengan kombinasi kulit dan karbon serta floor mat dengan logo AMG.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
mercedes-benz cl 55 amg f1,
#
20 tahun,
#
safety car,
#
formula 1