MENU
icon label
image label
blacklogo

Antara Alex Rins, Vinales, Marquez dan Dovizioso Saling Cetak Best Laps di Jerez

MAY 07, 2019@16:00 WIB | 1,901 Views

Marquez cetak 1 menit 38.031 detik dan Dovizioso 1 menit 38.068 detik.

Banyak sekali catatan best lap yang tidak kita sadari malah terjadi di saat balap, bukan saat kualifikasi atau saat free practice. Pada grandprix MotoGP di sirkuit Jerez kemarin, catatan best laps malah diukir saat balap sedang berlangsung, seperti yang dilakukan Alex Rins, Marquez, Dovizioso, serta Vinales.  Namun catatan best lap tersebut masih dibawah duo pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo dengan 1 menit 37,880 detik dan Franco Morbidelli dengan 1 menit 36.962 detik.

Seperti balapan minggu kemarin di Jerez, start balap di row pertama diisi oleh dua pembalap SRT Yamaha Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, dan Marc Marquez. Row kedua diisi oleh Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Cal Crutchlow.  Sedangkan row ketiga diisi oleh Petrucci, Nakagami, dan Alex Rins.  Posisi Row keempat diisi oleh Francesco Bagnia, Lorenzo dan Joan Mir.

Saat start dimulai Marquez langsung tancap gas ditikungan pertama, diikuti Dovizioso, Quartararo, Morbidelli, Vinalles dan Dovizioso. Selama balapan dalam 25 lap tersebut, adanya banyak catatan fastest lap pribadi yang dikoleksi masing-masing pembalap.

Kedua pembalap yang start di posisi 10 besar antara lain, Rins #42 dan Rossi #46.  Rins berhasil menjaga jarak yang baik, dengan merangkak satu demi satu pembalap di depannya. Hingga putaran lap ke-13, Rins telah loncat dari posisi 6 ke posisi 2. Cara tersebut terbilang cukup tergesa-gesa, namun tidak untuk sosok Rins. Best lap yang dicatatkan Rins di 1 menit 38.263 detik, kemudian diperbaiki menjadi 1 menit 38.187 detik.

Vinales yang berada diposisi 4 tetap bertahan, dan berhasil mencatatkan catatan waktu tercepatnya 1 menit 38.309 detik dan diperbaiki menjadi 1 menit 38.185 detik. Itu artinya, Vinales tidak mengalami masalah seperti yang dirasakan oleh Rossi, yang masih berkutat di 9 besar balapan.

Pemimpin balapan Marquez mencatatkan best lap 1 menit 38.031 detik dan gap yang terlalu jauh 3.8 detik dengan pembalap Suzuki Alex Rins yang berhasil merangsek di urutan kedua.  Menjelang 3 lap akhir, terjadi kerusakan gigi transmisi oleh Quartararo, susunan pembalap menjadi berubah. Vinales menghuni posisi 3 ditempel ketat Dovizioso yang membubuhkan catatan waktu 1 menit 38.068 detik, dan Morbidelli merangsek di urutan ke 8.

Hal itu juga berkat akselerasi Rossi yang sedikit terhambat dari karena ban yang tidak cocok dengan mesin. Rossi berhasil naik dari peringkat 10 ke peringkat 6 besar hanya dalam 2 laps saja.  Garis finish pun diisi oleh Marquez, Alex Rins, Vinales, yang ketiganya merupakan pembalap Spanyol. Posisi keempat diisi oleh Dovizioso, Petrucci dan Valentino Rossi di peringkat ke 6.[Ahs/timBX]

Tags :

#
motogp jerez 2019,
#
alex rins,
#
marc marquez,
#
dovizioso,
#
maverick vinales,
#
best lap,
#
personal best lap,
#
valentino rossi