MENU
icon label
image label
blacklogo

The First Ever Xpander with Air Suspension

AUG 07, 2018@12:00 WIB | 11,956 Views

Awalnya, air suspension atau suspensi udara adalah sebuah fitur yang hanya ditemukan pada mobil-mobil mewah keluaran Eropa dengan harga jual yang mencapai miliaran rupiah.

Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa rumah modifikasi pun mulai banyak yang menawarkan opsi modifikasi pemasangan suspensi udara. Mulai dari sinilah akhirnya jadi banyak orang yang tertarik untuk memasang suspensi udara.

Salah satu orang yang ikut terbawa dalam maraknya pemasangan suspensi udara adalah Rio Pandu. Setelah mempertimbangkan cukup banyak hal, akhirnya pria yang akrab disapa Rio ini pun ikut memasang suspensi udara untuk Mitsubishi Xpander kepunyaannya.

Usut punya usut, salah satu alasan kenapa Rio akhirnya memutuskan untuk memasang suspensi udara adalah karena belum ada satu pun pemilik Mitsubishi Xpander di Indonesia yang memakai fitur tersebut.

“Sebenarnya, pada awalnya saya ingin memasang coilover. Tapi setelah saya melakukan konsultasi dan melakukan perhitungan budget, akhirnya saya memutuskan untuk memasang suspensi udara,” bilang Rio.

Suspensi udara yang dipilih adalah yang bermerek Airgen dengan tipe Deluxe. Pemasangannya dilakukan di Akasia Motor yang berada di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.

Selain karena alasan tadi, pria berumur 35 tahun ini juga bilang kalau pemakaian suspensi udara ini dapat membuat mobil jadi fleksibel karena ketinggiannya bisa diatur sesuai dengan kondisi jalan yang sedang dilalui.

Bukan hanya itu, Rio juga memutuskan untuk memasang suspensi udara agar Xpander Ultimate miliknya itu bisa tampil ceper tanpa harus banyak melakukan ubahan di sektor kaki-kaki.

Demi bisa mendapat tampilan yang ceper, pria yang aktif di dunia politik ini pun menanggalkan pelek asli Xpander yang berukuran 16 inci, dan menggantinya dengan yang berdiameter 19 inci.

Aplikasi pelek yang berukuran tiga inci lebih besar dari standarnya berhasil membuat mobilnya jadi terlihat ceper. Bahkan dalam kondisi ketinggian standarnya, jarak antara permukaan dengan bibir fender hanya sekitar 5,5 cm.

Ketika memutuskan untuk meningkatkan ukuran pelek, Rio langsung  membawa mobilnya ke Permaisuri Ban yang terletak di kawasan Mahakam, Jakarta Selatan. Di sana, ia tak hanya mengganti pelek, tapi keempat bannya pun juga ikut diganti.

Setelah berhasil membuat tampilan eksterior mobilnya jadi ceper, Rio pun langsung terpikir untuk menciptakan kesan full hitam pada bagian luar tunggangannya.

Lantaran dasarnya sudah berwarna hitam, alhasil lelaki yang tinggal di daerah Kemang, Jakarta Selatan ini hanya mengganti lapisan gril dan rumah spionnya saja.

Boleh dibilang lapisan gril dan rumah spion berwarna hitam adalah bagian yang paling mudah didapat. Sebab keduanya merupakan aksesoris asli milik Xpander tipe Exceed yang dibeli di dealer Mitsubishi.

Berbeda dengan gril dan cover spion yang memakai milik Xpander Exceed, bagian lain seperti side skirt, dan handle pintu luar dilapisi dengan stiker berwarna hitam. Alhasil, Xpander milik Rio jadi berhasil memiliki tampilan full black.

Jika Xpander keluaran 2017 ini memiliki tampilan luar yang full black, maka itu tak terjadi di interiornya. Kabin Low MPV Mitsubishi ini masih memakai warna yang sama dengan aslinya.

“Warna interior yang asli tetap saya pertahankan karena jujur saja, saya suka dengan warnanya yang mampu memberikan kesan mewah,” imbuh Rio.

Agar kesan mewahnya jadi makin kuat, pria bertubuh tinggi ini memutuskan untuk membungkus seluruh joknya dengan kulit MB-tech Carera. Pemasangan jok kulit ini dilakukan di Glamourz, yang terletak di kawasan Jakarta Selatan.

Beres masalah pemasangan jok kulit, Rio pun memasang sepasang arm rest yang juga dibalut dengan bahan kulit. Penambahan arm rest ini digarap di Zoom Captain Seat yang bermarkas di Penjaringan, Jakarta Utara.

Masih di interior, head unit asli bawaan pabrik yang berdimensi 6,7 inci dilepaskan dan diganti dengan yang berukuran 10 inci. Head unit yang sekarang digunakan adalah yang bermerek Mtech, dan pengerjaannya dilakukan di Kramat Motor, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Walaupun sudah memakai head unit yang mumpuni, namun Rio mengaku tidak tertarik untuk memasang perangkat audio, dan ia memang tak pernah berencana untuk menambah perangkat hiburan itu.

“Untuk masalah audio, terus terang saya tidak tertarik untuk memasangnya. Alasannya adalah karena ketika menyetir, saya lebih memilih untuk fokus berkendara ketimbang mendegar music,” tukas ayah dua anak ini.

Hal lain yang membuat Rio jadi ogah untuk memasang perangkat audio adalah karena selama berkendara, ia selalu menyetel lagu atau radio dengan suara yang kecil.

Sehingga jika tetap memasang Audio, secara meyakinkan dia mengatakan kalau nantinya fitur tersebut tak akan banyak berguna dan berakhir menjadi pemborosan.

Sampai titik ini, Rio mengaku sudah cukup puas dengan segala hal yang ada pada mobilnya. Kendati begitu, pria yang memiliki factory outlet ini tetap akan melakukan modifikasi lanjutan.

“Dalam waktu dekat ini, mungkin saya akan memasang body kit, dan setelahnya, saya berencana untuk menurunkan ukuran pelek menjadi 18 inci,” ujar pria yang mahir desain grafis ini.

Dua hal tersebut ingin dilakukan Rio dengan tujuan agar Xpander kesayangannya bisa mendapat tampilan yang ceper maksimal seperti yang diinginkannya.

Seandainya kedua target tersebut berhasil direalisasikan, maka pria dengan latar belakang pendidikan teknik informatika ini mungkin akan menyudahi modifikasi Xpander andalannya. [APSG/timBX]

Spek Modifikasi

Eksterior: Cover foglamp custom, spoiler & shark fin antenna
Headlamp & proyektor: Autovision
Kaki-kaki:  Air suspension Airgen deluxe package, Velg Facewheels FF72, R19x8,5, Ban - Toyo Proxes T1s 225/40
Interior: Jok MB-tech Carera, arm rest custom
Head Unit: Mtech android 10 inci

Modifikator
Akasia Motor: Jl. Marna Putra Atas No.63, Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat 17412

Autotivo: Jl. Pantai Indah Selatan 1, Ruko Elang Laut Blok C no. 43-45, Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Jakarta 14470

Avantgarde: Jalan BSD Raya Utama Ruko Mendresio Blok E Nomor 22, Cihuni, Pagedangan, Cihuni, Tangerang, Banten 15334

Glamourz: Jl. Srengseng Sawah No.69 Jakarta Selatan 12640

Kramat Motor: Jalan Boulevard Artha Gading Blok H 11 No.1, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara 14240

Permaisuri Ban: Jalan Mahakam I No.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130

W7 Carsmetic: Mutiara Taman Palem B7 No. 27 Jakarta Barat 11730

Zoom Captain Seat: Taman Permata Indah Blok N No. 67 Kampung Gusti, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara 14450
 

Tags :

#
auto mods,
#
mitsubishi,
#
modifikasi,
#
xpander,
#
air sunspension