MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Modifikasi Velg Datsun Cross - Lebih Sporty Look dan Tangguh

JUN 27, 2018@11:30 WIB | 950 Views

Datsun CROSS merupakan sosok compact crossover yang dibangun untuk memenuhi hasrat pecinta otomotif di tanah air, khususnya segmen low entry. Dengan mesin tiga silinder berkappasitas 1200 cc, DOHC, inline, ekspektasi yang dibangun sebagai kendaraan yang mampu diandalkan dalam berbagai kondisi medan.

Terlihat dari  ground clearance yang setinggi 200mm, menjadi nilai tumpuan sebagai mobil keluarga yang fleksibel dan nyaman. Buktinya coil spring suspensi depan menggunakan McPherson Strut dan dibagian belakang menggunakan Torsion Beam terasa empuk di jalanan bergelombang. Berpadu dengan velg 15 inci bawaan pabrikan berbahan alloy yang menawan dan ban berukuran 175/65 R15.

Namun, apakah Datsun Cross cukup dengan tampilan yang ada. Tentu banyak celah memodifikasi kaki-kaki agar menambah kesan sporty look misalnya.BlackPals, setelah sebelumnya membahas modifikasi pada bagian mesin dan audio. Tidak ada salahnya kami berbagi tips untuk memodifikasi pada bagian kaki-kaki guna menambah aura penjelajah Datsun Cross yang lebih kental. Hal ini sejalan dengan gaya hidup kawula muda yang suka traveling ke daerah perbukitan atau sebagai mobil harian yang tangguh di berbagai kondisi medan.

 Nah, kali ini tim Blackxperience.com membawa compact crossover ini ke bengkel velg MRJ Motorsport yang berlokasi di Pasar Mobil Kemayoran di Blok K, Jakarta Pusat. Jamal salah satu punggawa MRJ motorsport  menawarkan paket velg ring 17 inci  buatan ProRacing yang menawan. Modifikasi velg untuk Datsun Cross menurutnya cukup nyaman dan stabil bila menambah 2 inci dari versi pabrikan.

Dengan style volk stranger, ukuran 8,5 inci belakang dan depan 7,5 inci. Pilihan warna black and red ruby atau red and chrome, menjadi kombinasi yang seragam dengan warna red ruby dari bodywork. Selain itu kombinasi velg sporty dan body cladding panel mempertajam image bahwa Datsun Cross benar-benar dipersiapkan untuk ketangguhan mobil. Paket velg tersebut terpaut harga tipis, bila Anda lebih memilih menggunakan ukuran yang sama antara depan dan belakang.

Kedua velg ProRacing ini buatan China yang telah memenuhi standar SNI. Secara kualitas cukup bagus, dan secara kualitas tidak kalah dengan velg original Jepang bawaan mobil. Jamal menuturkan pelanggannya sampai saat ini belum ada komplain dari pelanggan. "Pelanggan kami cukup puas, karena velg ini menambah kestabilan,  disisi lain mampu menghilangkan getaran yang menyebabkan ketidaknyamanan. Tapaknya lebih stabil, terutama saat melintas di jalanan lurus serta tidak ada efek limbung," jelas Jamal.

Soal ban apa yang sesuai dengan jenis dan karakter velg ProRacing. Jamal meyakinkan customernya dengan menggunakan ban ukuran 205/45 R17. Salah satunya ban Hankook Ventus V2 Concept. Ban tersebut memiliki material bahan yang lebih empuk dan tidak berisik. Ukuran ban 205/45 R17, menurut Jamal cukup ideal dengan rongga fender milik Datsun Cross ini. Secara ukuran fendernya lebih lebar dari seri Datsun Go dan Panca. "Secara look, sesuai dengan lubang fender dan nyaman digunakan," tutur Jamal.

Soal paket harga yang ditawarkan untuk ukuran 7,5 inci depan dan 8,5 inci belakang berkisar di angka Rp8 jutaan. Untuk ukuran yang rata 7,5 inci depan dan belakang di angka Rp7,5 jutaan. Ada selisih harga lima ratus ribu hingga 1 jutaan, bergantung merek dan permintaan pelanggan. Harga tersebut termasuk paket ban, pemasangan, balancing dan mur roda.

 Nah, BlackPals tunggu apalagi, upgrade velg Datsun Cross Anda dengan gaya sporty dan sehingga tampilan mobil Anda lebih berkelas dan siap menjelajah sampai ke pelosok medan sekalipun.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi,
#
datsun cross,
#
mrj motorsports,
#
kemayoran,
#
velg