MENU
icon label
image label
blacklogo

Menggeser Gaya Modifikasi Civic FD1 dari Stance ke JDM Look

AUG 13, 2019@13:00 WIB | 287 Views

Roy Liu bagian dari FD Skuad Bekasi mencoba mengeksplorasi ruang modifikasi untuk mobilnya Honda Civic FD1 tahun  2008. Roy satu diantara owner FD yang tetap lengket setia dengan tunggannya. Meminang Civic FD1 sejak tahun 2014, satu diantara alasan desain dan modelnya masih mengikuti era  desain mobil kekinian.  Roy melakukan modifikasi secara bertahap, dari eksterior, kaki-kaki hingga interior. Hanya sektor mesin yang ia biarkan standar, karena seorang Roy Lio tidak terlalu suka kebut-kebutan.

Bagi Roy kiblat modifikasi mobilnya tidak ada ruang lagi, kecuali mengejar gaya JDM Style atau lebih mengejar modifikasi Honda Mugen RR sendiri. Groundclearance yang terpangkas habis, cukup rendah dengan interval body dan aspal hanya 3 jari. Warna red milano dengan poles coating ceramic, setiap mata yang memandang cukup tergoda tentunya. 

Roy pernah memodifikasi Civic FD kesayangannya dengan menggunakan wrapping dipadukan dengan bodykit berbahan plastik dari Mugen RR di tahun 2015. Enam bulan berikutnya, Roy beralih menggunakan cat dengan pilihan red milano, dengan coating ceramic. 

"Risiko wrapping tidak bisa bertahan lama, dan akibatnya gampang terkelupas di bagian tertentu. Daripada keluar cost untuk benerin wrapping, saya akhirnya memutuskan untuk mengganti cat," kisah Roy sejak tahun 2015 menyiapkan budget Rp15 jutaan namun dengan kualitas cat yang lebih bagus dan lebih long time. 

Untuk mengejar tampilan Civic FD1 2008 yang lebih, Roy kemudian memodifikasi Civic FD miliknya dengan menggunakan sunroof cloudblue. Setelah selesai, Roy juga memasang air suspensi di Akasia Motor. "Saya saat itu fokus berfikir modifikasi interior, dengan menambahkan sunroof. Saya akui ini keluar dari pakem gaya mobil JDM Style," kilah Roy yang sebenarnya mengharapkan kaca panoramic di bagian roof sedan kesayangannya. 

Meski terangkat secara gaya, Roy mengaku menggunakan kaca sunroof, mobil Civic FD 1 miliknya jadi lebih berat. Dirinya mengaku cukup susah pindah ke lain hati."Saya suka Civic FD1 generasi ke-8 ini, model ini cukup awet dan lekang oleh waktu," cetus Roy dibandingkan Civic FB yang gagal dipasaran.

Tampilan Civic FD1 dipertajam dengan air intake pada hood, gaya mugen RR dengan finishing karbon kevlar. Kemudian bagian spion, grille, juga tidak luput menggunakan karbon kevlar, dikerjakan langsung oleh bengkel 8mentgarage, milik Byan dari FD Squad Bekasi.  

Sektor interior selain menggunakan sunroof cloudblue, juga menggunakan jok milik FD2R Typer R begitu juga dengan spedometer yang menggunakan Civic Typer R. Sambil mengejar kesan modif kekiniian, Roy telah mengistalkan sebuah engine start button. Roy mengaku seluruh modifikasi yang ia lakukan banyak bersumber dari teman-temannya di FD Skuad Bekasi. Social Media seperti Instagram juga cukup memberikan ide modifikasi buat mobilnya. 

Dengan gaya yang maksimum, Roy hanya menggunakan mobilnya untuk kumpul-kumpul di komunitas. Karena bukan mobil harian, kedepannya Roy ingin mencopot airsuspensi dan menggantinya dengan coilover, meski efek yang ditimbulkan sama-sama keras. Roy ingin menampilkan versi modifikasi Civic FD1 2008 miliknya dengan perpaduan ban tebal.  

Modifikasi yang dikejar Roy secara look ke gaya JDM, meski dirinya menilai masih agak keluar dari konsep JDM Style itu sendiri. Civic FD1 miliknya menggunakan wing dari Mugen RR, hal itu bertujuan utnuk mengejar untuk gaya modifikasi stance yang senyawa dengan JDM Style.

Bergelut dengan owner dari komunitas FD Skuad Bekasi, baginya menjadikan semangat modifikasi pantang padam. "Ada saja bahan racun untuk memodifikasi lebih. Dengan ban semi slick seperti Advan Neova berdiameter ban lebih besar sehinggar jarak ke fender lebih rapat. Ini mengejar JDM style dan lebih proper," tutur Roy yang menyebut gaya kotak. Ban semi slick akan ditandemkan dengan velg Volk Rays Jepang berukuran 8,5mm dan maksimum 9,5mm dan tidak melebihi bibir fender. [Ahs/timBX]


 

Part Modifikasi Civic FD1 2008 :

  • Repaint Red Milano
  • Bodykit Mugen RR
  • Airsuspension Airgen by Akasia
  • Custom Hood Mugen RR by 8mentgarage
  • Carbon fiber 8mentgarage
  • Velg BBS LM R18 9.5 10.5 Replika
  • Sunroof cloudblue 
  • Seat oem FD2R type R
  • Audio std
  • Mugen side visor
  • Carbon kevlar mugen air intake
  • Carbon kevlar mugen RR grill
  • Karpet Type R
  • Engine start Type R 
  • Door trim retrim black

Tags :

#
honda,
#
honda civic fd1,
#
modifikasi,
#
fd skuad bekasi,
#
roy liu,
#
stance,
#
jdm look