MENU
icon label
image label
blacklogo

Custom British Style Basic Yamaha Byson, Dari Tak Dilirik Sekarang Curi Perhatian

JUN 10, 2024@17:25 WIB | 436 Views

Sering banget dikira asli bawaan pabrik, bukan modifikasi

Dunia modifikasi memang seakan enggak ada matinya, berbagai aliran dan tren terus bermunculan atau berputar kembali mengikuti zaman. Salah satunya adalah tren motor custom.

Kali ini tim BX menemui sebuah motor custom yang eye catching dan stand out banget Blackpals! Bahkan sepintas kalian enggak bakal nyangka kalau ini adalah hasil custom tangan kreatif builder lokal dengan ide unik sang owner motor.

Bayu Wicaksono, cowok satu ini memodifikasi motor yang bersejarah dihidupnya dengan konsep yang terb ilang unik. Pilihannya jatuh pada konsep British Style dengan basic yang terbilang underdog alias jarang dilirik orang.

"Ini Basicnya Yamaha Byson awal yang masih karburator, kalau ditanya kenapa sih Basicnya Byson bukan Scorpio atau Tiger gue jawab ya gue punyanya motor ini. Motor ini bersejarah, zaman sekolah dibeliin bokap gue ini," buka Bayu panggilan akrabnya.

Balik ngomongin modifikasi, Bayu bulat memilih konsep British Style untuk merombak total Yamaha Byson miliknya. Usut punya usut, ada cerita unik dibalik pemilihan konsep loh sob.

"Haha aseli gue kurang paham sama konsep motor custom, jadi pas niat udah bulat dan rezekinya udah ada gue mulai deh cari referensi motor custom diberbagai sosial media. Dapetlah satu motor,warna merah marun dengan bentuk seperti ini dan kata temen gue yang lebih paham ternyata ini tuh British Style,"lanjut Bayu kepada tim BX.

Garap motor di bengkel motor balap, loh kok bisa?

Untuk mewujudkan motor impiannya ini, Bayu mempercayakan bengkel Kumbang Motor Team yang konon bengkel ini terkenal dengan motor-motor balap garapannya. 

"Dari tahun 2000an awal, gue buka bengkel memang bengkel khususnya mesin motor. Mulai dari service ringan, berat sampai modifikasi performance. Tapi gue juga sering custom motor yang rangkanya gue buat untuk drag race, nah Bayu itu temen gue ngasih gue tantangan kalau anak sekarang bilangnya challenge lah bisa enggak bikin motor kayak foto yang dia tunjukin, gue bilang aja 'Gaas teruuss!!!' gitu hehe," seloroh Mega Rosandi alias Megol.

Modifikasi dimulai dengan melepas seluruh body original Yamaha Byson, hampir tak ada lagi yang tersisa loh Blackpals. Selanjutnya Megol sang mekanik menggantikan body Yamaha Byson ini dengan body full custom berbahan plat dengan bentuk sesuai request yaitu British Style. 

"Semua body copot, ganti sama part full custom. Tangki gue bikin dari nol bahan plat, terus sepatbor depan belakang juga custom yang semuanya disesuaikan sama request yang punya motor,"tambah Megol yang khas dengan tatto dibadannya ini.

Bukan hanya body, rangka motor yang merupakan bagian paling krusial pun ikut dirubah yang tentunya dengan design dan ukuran yang dihitung khusus oleh sang builder. Terlihat, bagian sub frame belakang bawaan motor pun dipotong dan digantikan rangka baru.

"Rangka atau sasis custom, bagian belakang ini gue ganti. Step masih aslinya tapi gue geser sedikit, nah tapi custom rangka gini enggak boleh asal ada yang namanya sudut triangle motor jadi motor itu harus lurus atau center antara ban depan dan belakang. Enggak ada toleran sedikit pun harus lurus karena terkait dengan kenyamanan dan yang terpenting keamanan pas dipake apalagi kecepatan tinggi,"tunjuk Megol kearah sub frame belakang motor.

Lanjut, bagian elektrikal motor juga ikut dibuat bernuansa classic. Mulai dari pemasangan headlamp, stoplamp hingga sign lamp custom dengan bentuk bulat yang semuanya diracik hingga proper dilihat. 

Bagian kokpit alias setang enggak dibiarkan standart, Bayu meminta Megol sang mekanik sekaligus builder mengganti setang bawaan dengan setang custom khas British Style. Namun pada area ini terdapat sedikit perpaduan konsep classic dan modern loh, apa tuh?

"Kalau setang gue bikin British tapi minta sudut derajatnya tetap nyaman untuk harian bahkan touring. Lampu-lampu gue bikin classic semua, speedometer juga bulat tapi isinya gue pilih yang digital. Jadi ya looknya classic fungsionalnya kekinian doong,"begitu kata Bayu sang empunya motor.

Turun sedikit kearea kaki-kaki, aura vintage tampak kental berkat pemasangan velg Rossi ring 17 lebar depan 140 belakang 250 yang dibalut ban Swallow Classic 450-17.

Namun bagian kaki-kaki belakang terlihat istimewa, Megol sang builder mengcustom arm roda original Byson yang semua menopang monoshock kini double shockbreaker.

"Kaki belakang custom, tadinya kan Byson monoshock nah ini gue bikin double shock. Jadi dudukan orinya gue papas, nah gue custom di belakang dudukan baru yang sudut kemiringan atasnya gue sesuain sama rangka. Buat shockbreakernya gue pasang punya Yamaha RX-King," tutur Megol yang juga tergabung dalam King Independent Family regist 022 ini.

Ingin motornya tetap reliable untuk harian dan touring, Bayu tetap mempertahankan mesin original motor yang hanya dikombo dengan knalpot fullsystem custom bersuara gahar. Ada yang penasaran enggak nih, berapa lama dan biaya untuk sebuah motor custom bergaya British seperti ini? Begini jawaban sang builder.

"Motor ini gue garap kurang lebih sebulan, harusnya bisa lebih cepet tapi gue kebetulan banyak garapan motor lain mesin lagi hehe. Untuk biaya sekitar Rp 15 sampai 18 jutaan, intinya sih tergantung spek yang diminta oh ya tipsnya kalau custom motor jangan buru-buru ya, biar buildernya fokus dan hasilnya maksimal,"tutup Megol tim BX wawancarai.

Kumbang Motor Team

0895 4103 47711

[Ziz/timBX].

Tags :

#
custom,
#
motor custom,
#
yamaha byson,
#
british

X