MENU
icon label
image label
blacklogo

Tommy Ha : Kepincut Dengan VW Beetle Asal Jogja

DEC 01, 2019@14:48 WIB | 1,208 Views

Dipercaya kembali menjadi salah satu juri pada babak final BlackAuto Battle yang digelar di Jogja Expo Center, 30 November hingga 1 Desember 2019, membuat Tommy Ha dari Intenational Tuning Standart merasa sangat exciting.

Pasalnya setiap datang ke Indonesia sejak pertama kali menjadi juri dalam ajang kontes modifikasi yang terbesar ditanah air ini, warga negara Amerika yang tepatnya California ini selalu mendapatkan sesuatu yang baru dari peserta, baik kreatifitas maupun teknologi yang teraplikasi dalam mobil-mobil modifikasinya.

“Indonesia adalah negara yang unik dengan budaya dan kreatifitas yang tidak pernah saya temui di negara lain. Bagaimana mereka menyatukan antara teknologi serta kreatifitas dengan budaya lokal sehingga menghasilkan sebuah karya modifikasi yang luar biasa,” jelas Tommy.

“Setiap saya menjadi juri selalu mendapatkan kejutan dari karya mobil-mobil yang ikut ambil bagian dalam ajang BlackAuto Battle dan peserta-pun terus berkembang baik secara teknologi maupun ide yang mereka tuangkan,” tambah pria yang telah menjadi juri dalam ABT sejak 2014 lalu ini.

“Saya menemui bagaimana pengaplikasian teknologi motorized, remote serta bluetooth di sebuah mobil modifikasi yang terus berkembang serta menjadi sebuah tren sendiri di Indonesia dan hal ini hanya saya temui di Indonesia selama hampir delapan belas tahun saya menjadi juri modifikasi,” tutur Tommy.

Masih dengan Tommy, karya-karya dari modifikator Indonesia sesungguhnya tidak dapat dibandingkan dengan modifikator negara lain, karena setiap negara mempunyai ciri masing-masing sesuai dengan kebudayaan dan trend yang sedang berkembang, namun secara kreatifitas, modifikator Indonesia mempunyai kelas tersendiri.

Tommy-pun melihat bagaimana perkembangan modifikasi pada masing-masing mobil yang ambil bagian, baik secara teknologi maupun ide, “Menurut saya bahwa sebuah mobil modifikasi bagaimanapun yang paling utama adalah hasil akhir yang terlahir dari keseriusan dalam pengerjaannya. Karena kita tidak perlu membuat sebuah mobil yang sangat ekstrim namun dengan hasil akhir yang tidak sempurna dan masih banyak kekurangan di berbagai bagian, cukup dengan membuat sebuah mobil dengan modifikasi yang sederhana namun menghasilkan sebuah modifikasi yang sangat sempurna dan sangat detil”.

Pada ajang kali ini salah satu mobil peserta dari Jogjakarta yaitu VW Beetle restorasi berhasil mencuri perhatian Tommy, “Kita tahu bahwa VW Beetle adalah sebuah mobil yang sangat sederhana, namun hasil pengerjaannya sangatlah luar biasa, baik dari eksterior, interior, mesin, kaki-kaki hingga aksesoris dikerjakan dengan sempurna. Tidak hanya itu penambahan serta pengerjaan aksesoris penunjangan seperti pelek, handle engine cover, handle pintu yang diukir sangatlah rapi dan hal ini membuat mobil retro ini menjadi sebuah mobil yang special dalam ajang ini,” jelas Tommy. [rza/timBX]

Tags :

#
tommy ha,
#
juri international,
#
final battle,
#
blackauto battle 2019