MENU
icon label
image label
blacklogo

Sedan Volvo S80 Milik Yogie Menangkan Kelas Forced Induction BlackAuto Dyno Test

OCT 05, 2019@21:00 WIB | 147 Views

BlackAuto Dyno Test menjadi ajang kontes satu-satunya yang paling bergengsi di kontes modifikasi tanah air. Pasalnya dyno test, itu menjadi ajang pembuktian keberhasilan membangun sebuah mesin dalam rangkaian proses modifikasi. Sebuah mobil 1000cc FI dengan tingkatan boost 1 bar itu berarti hasilnya sama dengan mesin dengan kubikasi 2000cc. Efektifitas ini hanya bisa digunakan di atas mesin dyno, karena ketika digunakan dijalanan harus diturunkan, demi durabilitas mesin itu sendiri.

Di kelas Forced Induction (FI) BlackAuto Dyno Test dimainkan oleh tiga mobil. Mobil pertama milik Yogie yang turun adalah Volvo B8055 dengan mencatatkan tenaga hingga 152,1 hp pada putaran mesin @7000 rpm, serta torsi 70 Nm.

 Mobil kedua Aziz dengan Honda Brio melakukan start pertama diatas mesin dyno Mainline Dynolog, tenaga yang dihasilkan mencapai 115,7 hp @158 KPH dengan torsi mencapai 130 Nm.  

Sedangkan mobil yang ketiga, yang juga mobil sedan Volvo dengan nopol B8219  milik Richard mencatatkan tenaga 130,7 hp. Tak puas dengan raihan tersebut Volvo Richard ini kembali dibejeg diatas mesin dyno menghasilkan 135,6 hp. 

Kedua Volvo tersebut dimodifikasi dengan manipulasi data ECU melalui software (remap). Menurut sang tuner Yogie, kedua mobil konsumennya telah disetting dengan memasukkan data ke ecu. "Dyno test ini sebagai ajang pembuktian setingan, Volvo pertama base on horse power, sedang Volvo kedua disetting bukaan throttle pertama cukup menaikkan torsi dibanding horsepower. Volvo kedua ini tenaganya lebih kecil, namun torsinya besar, sehingga respon lebih cepat, dengan konsumsi BBM lebih irit,"  jelas Yogie meremap dengan DIM Sport dari Italia berdasar parameter tertentu pada mesin injeksi seperti Volvo S80.

Karena mobil harian, kebutuhan remap dikondisikan sesuai kebutuhan, seperti stage 1 hingga stage 4. Selama check engine tidak menyala itu menandakan, remap ECU berhasil dan tidak menghilangkan garansi dari dealer. Atas keberhasilannya Volvo S80 B8055 tersebut, Yogie berhak atas juara Dyno Test kelas FI di BlackAuto Dyno Test Jakarta 2019. [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
blackauto dyno test,
#
forced induction class,
#
blackauto battle 2019 jakarta