MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda Civic FD Persembahan Khusus Untuk Buah Hati

NOV 18, 2017@23:00 WIB | 3,800 Views

Memodifikasi mobil kesayangan bisa untuk berbagai tujuan. Ada yang karena kesenangan pribadi atau bisa juga karena hadiah. Nah, ini yang dilakukan oleh Januar Ricky terhadap sedan Honda Civic miliknya. Ia melakukan semua ini semata sebagai hadiah untuk mendiang sang buah hati. Makanya mobil Civic FD1 dinamainya ‘Pahabol’ sesuai nama sang buah hati. Hasilnya, tak sia-sia. Pahabol begitu mentereng di gelaran Final BlackAuto Battle (BAB) 2017, jadi rasanya tak mungkin bila tak menggoda pengunjung yang hadir di Sabuga, Bandung hari ini.

Untuk sebuah proyek yang mulia ini, awalnya Ricky, pemilik Civic tahun 2010 ini membawa mobilnya ke sebuah builder yang juga menangani proyek Honda Brio ‘Mukidi’ yang memenangi ajang BAB 2017 Surabaya kemarin. Adalah John's Speed Custom yang merombak sedan terlaris Honda ini jadi beraliran ‘Street Racing’.

Berbicara street racing rasanya tidak sah bila diwujudkan hanya dari tampilan maupun interior saja, namun sektor mesin pun kudu wajib ditingkatkan performanya. Selain untuk mengimbangi tampilan tentunya juga sebagai pendukung ketika dibesut di jalanan bukan?  Oleh Wawan sang punggawa bengkel yang workshop-nya berada di Sleman, Yogyakarta ini, semua aspek teknis dibuat menjadi salah satu contoh modifikasi ekstrem yang benar-benar mengubah performa asli mobil menjadi lain daripada yang lain.

Hal yang dilakukan Wawan mengubah jantung pacu yang berarti menyangkut performa kendaraan. Sang modifikator benar-benar total dalam menyematkan mesin andalannya dan mengganti hampir keseluruhan komponen mesin. Tidak tanggung-tanggung lagi, inilah customisasi mobil yang sangat perkasa tidak hanya dari sisi luar, tapi juga kemampuannya.

Sebuah mesin J35 V6 3.500 cc milik Honda Odyssey dicangkokkan untuk menggantikan mesin 1.800 cc standar. Ini artinya, satu-satunya Civic yang menggunakan mesin 6 silinder. Dalam meningkatkan performa mesin, beberapa piranti add on disematkan guna mengggantikan piranti standar. Seperti oil catch tank, air filter, intercooler, exhaust manifold dan lainnya. Bahkan selain porting polish dan mengganti piston low compression tak luput turbo ganda dari Garret dan blow off rancangan Turbosmart juga tersimpan di kabin mesin.

Sebagai efek penyematan turbocharger, kompartemen mesin menjadi lebih cepat 'mendidih', apalagi aliran udara untuk mendinginkan terbilang minim. Untuk mengakalinya, Wawan, mengalirkan intercooler dan menambahkan custom 4 play radiator. Dijamin segar dan membuat Civic ini benar-benar memiliki performa yang tak kalah saing dengan tampang sangarnya.

Lalu bagaimana nasib transmisi matic bawaan Odyssey? Ternyata, Wawan lebih memilih mempensiunkannya untuk mempercayai transmisi manual 6 speed LSD. Kombinasi ini dipercaya lebih spontan menyalurkan tenaga dashyatnya. Berapa angkanya? “Nah, ini yang ingin kita tahu melalui ajang Final BAB 2017. Kita akan tahu jumlah tenaganya saat diuji oleh tim juri Final BAB 2017 melalui dynotest.

Bila dilihat memang Honda Civic milik Ricky sudah tidak seperti Civic pada umumnya. Salah satu yang paling mononjol adalah aplikasi pintu scissor door (pintu gunting). Penambahan bodi kit ala street racing ternyata mampu mendongkrak aura sporty yang berbeda ketimbang kontestan lainnya.

Pada bagian ekterior, ubahan pertama pada bagian depan. Guna meningkatkan fascia ini, sorot mata utama diganti dengan Provision HID H4 6000K. Dengan ini, akan didapatkan aura yang sangat berani dan kokoh dari sorot matanya yang sangat cerah dan tajam. Bagian bodi pinggir, ikut juga mengalami perubahan yang cukup menantang, salah satunya pintu. Lambo-door with motorized system menjadi alternatif utama untuk menambah kesegaran modifikasi istimewa ini.

Tampilannya juga diperindah dengan custom air scoop pada rear door. Sisi ini juga tidak luput dari perubahan. Kelvin merombak total bagian eksterior belakang dengan memberikan sentuhan sporty dengan aksesoris berkelas. Lengkap dari bumper rear diffuser, rear canard sekaligus 3D GT-Wing menjadi pilihan istimewa untuk menjadikan varian modifikasi ini tampak menawan.

Setelah itu penerapan wide body agar sesuai untuk menyematkan lingkar roda RSV forged RSF 1 spesial order 19 inci serta penambahan body kit. Pergerakan kaki-kaki disempurnakan dengan menggunakan ID One air suspension bersanding sistem pengereman AP Racing.

Bodi disiram dengan cat orange candy paint dari Sikkens setelah sunroof merek webasto berukuran besar terpasang dengan ciamik. Tak puas, pria berusia 30 tahun ini menambahkan bahan serta karbon pada spoiler, cover fender, pegangan pintu, antena, pilar pintu, spion hingga menggusur kap asli bawaan pabrik dengan bahan serta karbon. Cara buka kap mesinnya pun berubah. Cukup dengan bantuan remote android.

Selesai urusan eksterior, saatnya melongok ke kabin penumpang. Ricky yang berpenampilan klimis ini sepertinya tahu benar mana yang harus dimodifikasi agar mobil tampil sempurna. Formasi bawaan pabrik hampir tidak berubah, hanya ia menambahkan roll bar 9 inci dari depan hingga kabin penumpang belakang.

Agar duduk dalam kokpit terasa lebih sporty, dipakailah jok depan dan belakang tipe Sparco carbon dipadukan seatbelt dari Takata. Tak ketinggalan, pada bagian tengah terdapat dua tabung NOS untuk menambah performa mesin. Beberapa instrumen juga dimasukan seperti tachometer, indikator Defi, hingga perangkat audio yang memenuhi bagian bagasi.

Ide Ricky semakin liar. Untuk memanjakan telinganya, ia memasukkan audio system Alpine special edition, speaker Venom depan dan belakang yang terintegrasi dengan subwoofer merk serupa berdiameter 12 inci di bagasi. Selain itu diperkuat juga dengan sepasang power Venom monoblock. Kalau sudah bagus seperti ini, baru layak menyandang nama ‘Pahabol’, bangga Ricky yang turut diamini Wawan sang modifikator. [bil/timBX]

Spesifikasi Honda Civic FD 2010

Mesin

Swap engine with J35 V6 3.500 cc, 6-speed manual LSD gearbox, Garret GT 2860 twin turbo, Haltech S1000 ECU, NGK Iriway 8 spark plugs, Turbosmart blowoff, custom 4 play radiator, custom intercooler, filter turbo, Clutchmaster flywheel set, Permacool oil cooler, Flex oil catchtank, custom stainless steel header, down pipe, middle pipe & intercooler pipe, custom radiator tag, Samco connector, Ultra Racing strutbar, Odyssey battery, air filter, flex connector, K-tuned oil filter, NOS instalation, Honda Accord shifter cable

Eksterior
Carbon hood, carbon spoiler, carbon side view mirror, carbon handle, AREKmarket bodykit custom, aftermarket headlamp, aftermarket stoplamp, custom rocket bunny, orange candy panit, cutting sticker, HID Provision headlamp & foglamp, custom fender fin, sunroof, custom 2 doors, motorized hood, trunk, fuel cap, spoiler & ICE, Megan racing muffler, custom gulwing, custom one piece glass

Interior
Carbon interior, Sparco racing seat, pedal set ACT, Defi tachometer, water temp, oil temp, volt meter & boost, adaptor water temp & oil, Auto Meter NOS indicator & air flow indicator, Pivot turbo timer, aftermarket harnes bar & V-bar, Takata safety belt, custom door trim & rear seat, air suspension control & indicator, ID One selenoid block, longacre racing switch control unit, NOS tube & hose, K-Tuned shifter, custom boardness & centre console, Haltech racepack, AP Racing pedal box

Audio

Alpine special edition HU, Venom 12” subwoofer, Venom speaker, Venom twitter, custom audio box, cosmetic audio, power Venom 4 channel 1 pc, power Venom monoblock 2 pcs, capacitor bank

Pelek dan Kaki-kaki
RSV forged RSF1 rims special order 19x11” & 12”, Pirelli tyres, 4 point ID One air suspension Silver series, AP Racing 6 port & 4 port brake, custom shock & bracket hand brake, FDI coilover

Tags :

#
blackauto battle,
#
bab 2017,
#
auto battle