MENU
icon label
image label
blacklogo

Retro Car of the 90s

NOV 11, 2020@10:00 WIB | 30 Views

Mobil retro memang memiliki tempat di hati para pencinta otomotif. Entah sekedar mengenang masa muda dan masa kecil, atau memang memuja mobil seri lama yang namanya melegenda. Nah, dalam Blacktalks kali ini, Boy Prabowo membahas fenomena mobil retro yang sedang hype saat ini bersama dua narasumber, Bambang NS, retro car enthusiast dan Haryadi Nugroho dari komunitas Carport.

Banyak yang bisa dibahas dalam Blacktalks kali ini termasuk alasan dibalik pemilihan aliran mobil lawas di tengah banyak mobil baru yang ada. Di samping looks yang sudah tak modern lagi, tentu saja banyak yang harus dipertimbangkan untuk terjun menggemari mobil retro atau 90 an, semisal usia mobil yang sejalan dengan kondisi mobil yang cenderung tak prima lagi. Semuanya akan dibahas tuntas di Blacktalks edisi 11 ini.

Bahasan pertama yang paling menarik tentunya adalah mengenai alasan terjun ke hobi mobil retro yang langsung disambar Bambang alias Bengky dengan jawaban "Memory om, jadi dulu masa SMA dan kuliah mobil yang belum pernah saya pakai, sekarang saya cari lagi. Waktu SMA itu yang hits Corolla DX, Lancer SL, Civic Wonder, sama BMW M10 yang memang saat itu masih terbatas untuk kalangan atas," tambahnya.

Haryadi, atau akrab dipanggil Didi menambahkan "Selain memori, bawaan orok itu kayaknya ngeliat mobil baru kayak chemistry-nya ga nongol gitu, emang jiwanya disitu. Sama mobil retro harganya lagi naik terus," ungkapnya. Sedangkan mengenai mobil apa yang menurut mereka ikonik di tahun 90 an, salah satunya keduanya sepakat jika Corolla DX termasuk di dalamnya, Twincam GTI, AE86, Toyota Hardtop, Toyota Starlet, dan Civic Nouva.

Lalu untuk mobil legendaris yang dimiliki Didi yang merupakan koleksi terbaiknya adalah Corolla DX TE71 GT yang ia dapat dalam kondisi terbaik. "Kalau ngeliat DX full-nya ya ini, TE71 ini full TRD, gearbox, RF TRD, pokoknya full option termasuk audio Pioneer, jok Recaro bawaan mobilnya, top off the line sampai sekarang masih nempel dan masih berfungsi,” ucap Didi.

Kalau dulu anak mobil hangout di Asia Afrika, lintas Melawai atau Dipati Unus, anak retro saat ini banyak nongkrong di tempat yang lebih santai. Untuk Carport atau BTR sendiri sering meetup di Cafe Tenong, bilangan Cipete. "Disitu kita ga cuma nongkrong tapi juga sharing mengenai mobil lawas, sehingga selain menambah teman dan koneksi tapi juga menambah ilmu permobilan," ungkap Bengky. [leo/timBX]

Tags :

#
blacktalks,
#
retro car,
#
mobil retro