MENU
icon label
image label
blacklogo

Netflix dan Youtube akan di Awasi oleh KPI? Mengapa?

AUG 13, 2019@14:21 WIB | 124 Views

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut masih akan melakukan pembahasan dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait regulasi Undang-undang Penyiaran. Hal itu terkait dengan rencana pemerintah dan KPI untuk mengawasi konten dari platform digital seperti Netflix, YouTube, dan Facebook.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bisa saja dapat mengawasi konten media-media nonkonvensional, seperti Netflix hingga YouTube apabila definisi penyiaran saat ini lebih diperjelas lagi. Diketahui, KPI saat ini melakukan pengawasan penyiaran baru sebatas layanan free to air alias siaran gratis, misalnya televisi dan radio. Adapun pengawasan tersebut dilakukan dengan mengacu pada Undang-Undang Penyiaran.

Banyak yang mengatakan saat ini memang belum ada lembaga yang bertugas mengawasi konten-konten YouTube, Netflix, dan media sosial. Meski begitu, dia melihat dalam hal ini KPI yang paling dekat dengan fungsi tersebut. Pengawasan tersebut menurut KPI bertujuan agar siaran di media digital memang benar-benar layak ditonton serta memiliki nilai edukasi, selain juga menjauhkan masyarakat dari konten berkualitas rendahan.

Pada situs Change.org pun sempat muncul petisi menolak wacana pengawasan konten Netflix, Youtube, dan Facebook tersebut. Saat ini, sudah ada masyarakat sekitar 25 ribu orang yang menandatangani petisi tersebut dari target 35 ribu. Salah satu alasan adanya penolakan ini adalah KPI disebut telah mencederai mandatnya. Sebab, tujuan KPI untuk mengawasi siaran televisi dan radio tersebut menggunakan frekuensi publik. Sejumlah warganet pun menyuarakan penolakan terhadap wacana tersebut. Banyak di antaranya menolak lantaran Netflix dan YouTube merupakan kanal alternatif untuk menikmati konten.

KPI menilai perlunya pengawasan media Youtube, Netflix, Facebook, dan media sejenis karena sekarang sebagian besar masyarakat sudah beralih dari media konvensional televisi dan radio, terutama kalangan milenial yang menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya untuk mengakses atau menonton konten dari media digital tersebut.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
netflix,
#
youtube,
#
kpi,
#
pengawasan