MENU
icon label
image label
blacklogo

Filmografi Kenneth Branangh Buat “Artemis Fowl” Layak Disimak

JUN 26, 2020@18:00 WIB | 309 Views

Sineas asal Irlandia, Kenneth Branagh, diketahui baru saja merilis karya terbarunya berjudul Artemis Fowl pada 12 Juni lalu. Ia mengungkapkan bahwa film berdurasi 90 menit tersebut dibuat sebagai film yang membuat kita ‘berhenti bernapas’.

Selama 39 tahun karir penyutradaraannya, Branagh telah mencetak sejumlah film hit yang membuat Artemis Fowl layak dinanti. Karya terbaiknya yang dikenal paling ambisius adalah Hamlet. Ini merupakan adaptasi panjang berdurasi 242 menit dengan menampilkan teks paling terkenal dan tersulit dari Shakespeare.

Hamlet adalah adaptasi pertama dari teks asli lengkap tanpa pemotongan dengan menembak film 70 mm, sehingga membuatnya disebut The Master. Banyak yang menilai, film ini mengalahkan Olivier (1992) maupun Ophelia (2018). Hamlet adalah film yang mewah, yang mengerahkan semua sumber daya dan memperoleh hasil terbaik.

Awalnya berada di depan layar, pria 59 tahun ini mengaku awal penyutradaraannya bermula pada tahun 1981. Kala itu, dia membuat debut layar tanpa akreditasi untuk film Chariots of Fire. “Saya tahu bahwa saya suka film dan kagum di lokasi syuting dengan betapa luasnya film itu. Tapi sejujurnya itu rasanya jutaan mil dari apa yang ingin saya lakukan. Saya harus senang berada di panggung dan layar,” kata Branagh.

Tahun ini, sang sutradara Thor akan kembali menunjukkan karyanya lewat Artemis Fowl, fitur adaptasi novel karya Eoin Colfer bertema fantasi. Film ini bertandang ke Disney+ mulai 12 Juni 2020, alih-alih menunda perilisan untuk layar lebar.

“Ini adalah kisah seorang lelaki muda dan petualangan yang sulit. Kecepatan cerita ini menjadi daya tarik bagi saya karena kebanyakan film terlalu panjang. Membuat film berdurasi 90 menit adalah seni yang hilang dan saya ingin kembali pada itu,” kata Branagh.

“Indiana Jones ada dalam pikiran saya, film-film itu terasa seperti melaju panjang,” tutur Branangh mengakui bahwa Artemis Fowl sedikit mereplikasi film Indiana Jones.

Film mendatang mengikuti kisah bocah jenius berusia 12 tahun yang terlibat pertempuran epik melawan ras peri bawah tanah. Ia meyakini lawannya adalah dalang dari misteri hilangnya ayahnya. Artemis Fowl menampilkan sejumlah aktor cilik diantaranya Ferdia Shaw, Lara McDonnell, dan Tamara Smart.

Branagh mengakui bahwa aturan mengenai waktu yang mereka habiskan untuk syuting, berdampak pada kru yang harus bekerja lebih efisien. “Anda harus super terorganisir dan mendapatkan yang terbaik dari waktu. Latihan sangat penting karena kami meminta aktor anak untuk membawa film,” tambahnya.

Selain Artemis Fowl, Hamlet, dan Thor, filmografi Branagh lainnya yang patut disimak seperti Jack Ryan : Shadow Recruit, Murder on the Orient Express, All Is True, dan masih banyak lagi. [yub/timBX]

Tags :

#
kenneth branagh,
#
filmografi kenneth branangh,
#
artemis fowl

RELATED ARTICLE