MENU
icon label
image label
blacklogo

Arloji Prajurit AS Tornek Rayville Kembali dengan Seri Baru

JUL 26, 2021@18:00 WIB | 193 Views

Tornek Rayville bukan merek jam tangan biasa. Ia adalah supplier pertama jam tangan resmi yang dipilih melalui Experimental Diving Unit untuk angkatan laut Amerika Serikat di awal tahun 1960-an. Dan jam legendaris itu, TR-900, diproduksi kembali sebagai Tornek-Rayville TR-660 baru-baru ini. Ini adalah arloji pertama merek legendaris ini setelah diakuisisi oleh MKII Watches.

Sejarah brand ini sudah berawal jauh pada tahun 1950-an. Saat itu Blancpain, merek arloji lama asal Swedia berhasil memproduksi jam tangan berkualitas tinggi yang bisa bekerja di kedalaman air. Jam ini kemudian dijual untuk militer dan publik. Seri bernama Fifty Fathoms inilah yang menetapkan fondasi awal arloji menyelam saat ini.

Di saat yang sama, Angkatan Laut Amerika Serikat juga mencari perlengkapan untuk para penyelamnya dalam tim Underwater Demolition. Mereka pun mencari perusahaan Amerika bernama Bulova yang saat itu pemimpinnya adalah Jenderal Omar Bradley yang sudah pensiun. Sambil menunggu jam produksinya dikeluarkan, Experimental Diving Unit pun memilih dan menguji 3 arloji dari perusahaan berbeda. Blancpain Fifty-Fathoms termasuk di dalamnya bersama dengan Rolex Submariner dan Enicar Sea Pearl 600.

Setelah berbagai tes dari Experimental Diving Unit, Blancpain pun menjadi satu-satunya merek yang berhasil bertahan. Arloji ini kemudian direkomendasikan untuk pemakaian sementara para tentara penyelam hingga jam tangan produksi Bulova selesai. Namun pada akhirnya, prototipe Bulova MIL-SHIPS tidak bisa melewati tes yang sama dan Fifty-Fathoms tetap dilanjutkan pemakaiannya.

Karena saat itu ada aturan “Buy American Act” yang mengharuskan pembelian produk dalam negeri, produk asal Swedia ini pun tidak bisa sembarangan masuk. Allen V. Tornek datang menawarkan diri sebagai importir dan pemasok Blancpain dengan nama perusahaan dalam negeri Tornek-Rayville. Arloji ini kemudian dijual ke Angkatan Laut AS. Sekitar 1.000 arloji TR-900 pun dijual dengan cara ini pada tahun 1964 hingga 1965.

Jam tangan TR-900 kemudian menjadi langka karena pemakaian luminescence radioaktif di dial. Karena lebih cepat luntur, banyak arloji yang dikembalikan dan dihancurkan sebagai produksi radioaktif. Jadi hanya ada sekitar 20 buah jam tangan yang kemudian masih selamat di tangan para kolektor.

TR-660 yang baru saja dikeluarkan adalah arloji lanjutan TR-900 ini. Desainnya sangat mirip dengan pendahulunya. Dibuat berukuran 400 mm dengan ketebalan 14.7 mm yang terhitung tipis, case-nya dibuat dari bead-blasted stainless steel. Dialnya simpel dengan desain lama indikator air yang akan memerah bila ada air yang masuk.

Di dalamnya adalah mesin NE15C automatic movement dari Jepang milik Seiko. Jam tangan ini juga bisa bertahan hingga kedalaman 660 kaki atau setara 200 meter. Seperti desain jam tangan tua lainnya, jam baru ini juga dilengkapi fitur drilled lugs yang akan memudahkan mengganti tali jam tangan.

 Ada tiga pilihan tali arloji yang tersedia, nilon berwarna hitam atau khaki, karet berwarna hitam, dan nilon MODspec hitam. Tornek Rayville masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Pre-order arloji TR-600 selesai hanya dalam waktu satu jam setelah dimulai.

Harga pre-order yang ditawarkan sebesar $845 dengan pembayaran deposit awal $450. Harga aslinya adalah $949. Produk ini akan keluar mendekati akhir 2021. Saat itu, bila Anda tertarik, sebaiknya membeli dengan cepat karena siapa tahu akan cepat habis lagi seperti saat Pre-order.[eve/shf/timBX]

Tags :

#
jam tangan,
#
tornek rayvill,
#
arloji prajurit as,
#
experimental diving unit,
#
tornek-rayville tr-660