MENU
icon label
image label
blacklogo

Trik Mengatur Keamanan 2FA di Akun Media Sosial

APR 02, 2019@17:55 WIB | 195 Views

Sampai saat ini peretasan sebuah akun internet masih marak terjadi. Ya, semua akun Anda di internet cenderung diretas, terutama akun Instagram, Facebook maupun Twitter. Namun saat ini, perusahaan teknologi menjalin kerja sama untuk bisa mengembangkan standar yang akan menjadikan kata sandi sebagai hal yang lalu, menggantikannya dengan metode yang lebih aman seperti login biometrik atau berbasis PIN yang tidak memerlukan transfer data melalui Internet.

Namun tentu saja, standar-standar itu masih diadopsi untuk sementara ini dan cara terbaik berikutnya untuk mengamankan akun Anda dari peretasan adalah otentikasi dua faktor atau 2FA. Ini merupakan proses pemberian akses sekunder layanan web ke pemilik akun (Anda) untuk memverifikasi upaya login. Biasanya, ini melibatkan nomor telepon atau alamat email. Tentang cara kerjanya, begitu Anda masuk ke suatu akun media sosial melalui ponsel untuk memverifikasi identitas Anda dengan mengklik tautan yang dikirimi SMS/email, atau dengan mengetikkan nomor yang dikirim oleh aplikasi autentikator. Ini tidak bergantung pada perangkat lunak untuk menjaga keamanan perangkat Anda, karena bisa juga memilih kunci keamanannya. Perangkat keras berbasis USB atau NFC dihubungkan ke komputer atau perangkat seluler Anda untuk mengautentikasi, mempersulit peretas untuk menyadap, karena kunci keamanan tidak dapat diduplikasi.

APLIKASI AUTHENTICATOR

Aplikasi Authenticator dianggap lebih aman daripada mengirim pesan teks dan memiliki fleksibilitas ketika Anda bepergian ke suatu tempat tanpa layanan seluler. Ada beberapa pilihan, yakni Authy, Google Authenticator, Microsoft Authenticator, HDE OTP (hanya iOS) dan sebagainya. Sebagian besar aplikasi ini mengikuti prosedur yang sama saat menambahkan akun baru. Anda memindai kode QR yang terkait dengan akun Anda dan disimpan di dalam aplikasi. Lain kali Anda masuk ke layanan atau aplikasi Anda, itu akan meminta kode numerik; cukup buka aplikasi authenticator untuk menemukan kode yang dibuat secara acak yang diperlukan untuk melewati keamanan melalui aplikasi ini dengan metode 2FA ini. Berikut ini triknya:

INSTAGRAM

Instagram telah menambahkan sistem 2FA ke aplikasi selulernya pada tahun 2017 silam, namun kini Anda juga dapat mengaktifkannya melalui web. Untuk mengaktifkan 2FA di aplikasi seluler, buka profil dan klik menu di sudut kanan atas. Klik Settings, lalu Privacy and Security kemudian pilih item menu untuk Otentikasi 2FA.

Dari sini, Anda dapat memilih antara verifikasi berbasis pesan teks, kode yang dikirim ke aplikasi otentikasi, atau salah satu dari kode pemulihan Instagram yang dibuat sebelumnya. Yang terakhir paling berguna jika Anda bepergian di tempat di mana Anda kekurangan layanan telepon untuk menerima teks.

Sedangkan untuk mengaktifkan sistem 2FA menggunakan web, masuk dan buka profil Anda. Di sebelah nama profil, ada ikon roda gigi di sebelah tombol Edit Profil dan kliklah lalu muncul tampilan menu pengaturan, di mana Anda dapat menemukan bagian Privacy dan Security yang sama seperti pada aplikasi. Dari sinilah, cara mengaktifkan 2FA dan seperti halnya di aplikasi, pilih metode yang Anda inginkan untuk verifikasi.

FACEBOOK

Cara untuk mengakses pengaturan 2FA Facebook sedikit berbeda pada aplikasi dan web-nya. Pada Maret 2019, Anda dapat mengakses pengaturan privasi di aplikasi seluler di iOS dan Android dengan mengklik ikon ‘hamburger’ di sudut kanan atas dan gulir ke bawah ke bawah untuk menemukan menu Pengaturan & Privasi. Ketuk Pengaturan> Keamanan dan Masuk. Lalu keluar opsi 2FA yang siap diterapkan. Seperti Instagram, di akun Facebook Anda pun bisa memilih pesan teks untuk aplikasi otentikasi, atau kode pemulihan untuk verifikasi akun.

Sedangkan untuk versi web, klik panah di sebelah ikon Help/Bantuan (lingkaran dengan tanda tanya di dalamnya) di sisi kanan atas. Ke bagian bawah, temukan menu Pengaturan yang dapat membawa Anda ke halaman utama tempat Anda akan menemukan Keamanan dan Masuk di sisi kiri. Bila sudah ketemu, lalu klik dan muncullah sub-bagian Otentikasi Dua-Faktor/2FA.  Di sini juga dapat menambahkan login kunci keamanan melalui USB atau NFC.

TWITTER

Baik di aplikasi seluler atau versi browser-nya, Anda cukup meng-klik avatar profil Anda dan temukan menu ‘Settings and Privacy’. Di menu sebelah kiri, buka Akun. Cari subjudul Security, lalu klik "Ready  input verifikasi" dan ikuti arahannya. Setelah  mengaturnya, Twitter akan mengirim nomor kode teks ke nomor telepon Anda ketika ingin masuk. Dan perlu diketahui bahwa Twitter kini telah menambahkan dukungan kunci keamanan.

Seperti media sosial lain yang disebutkan di atas, Anda juga dapat membuat kode cadangan untuk digunakan saat bepergian dan akan tanpa internet atau layanan seluler.

Bila Anda memiliki profil Twitter terverifikasi, Anda bisa melihat opsi untuk membuat kata sandi aplikasi sementara yang dapat Anda gunakan untuk masuk dari perangkat lain. Ini dapat digunakan untuk masuk ke aplikasi pihak ketiga jika Anda menautkannya ke akun Twitter Anda. Perhatikan bahwa kata sandi sementara berakhir satu jam setelah dibuat.

Itulah trik mengatur keamanan 2FA pada Akun Instagram, Facebook dan Twitter. Selamat mencoba.

Tags :

#
2fa,
#
media sosial,
#
keamanan media sosial

RELATED ARTICLE