MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Memanage Keuangan yang Perlu Diketahui Para Pria

JUN 07, 2021@19:00 WIB | 119 Views

Apakah Anda hidup dari gaji ke gaji selanjutnya tanpa bisa menikmatinya? Atau apakah Anda ingin mempunyai keuangan yang lebih baik dan mau mengetahui dasar-dasarnya?

Uang adalah topik yang rumit, dan hanya sedikit orang yang bisa membicarakannya dengan jujur. Itu menyebabkan banyak kebingungan tentang apa yang harus dilakukan dengan uang tunai yang diperoleh dengan susah payah.

Berikut panduan sederhana ini untuk mengelola uang Anda sehingga Anda dapat membangun keuangan Anda secara konsisten, hari demi hari. Ini adalah serangkaian langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk membawa perubahan besar pada kehidupan finansial Anda dari waktu ke waktu.

Langkah 1: Baca

Langkah pertama untuk membangun keuangan berasal dari memahami seperangkat prinsip uang. Kita akan membahas beberapa hal besar seperti menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda, kekuatan bunga majemuk, dan bagaimana memberi dapat menciptakan rasa berkelimpahan.

Anda dapat menemukan masing-masing topik itu melalui buku. Literasi keuangan diperoleh dengan susah payah. Tetapi keindahannya adalah Anda dapat belajar dari kesalahan orang lain dan menerapkan pelajaran yang mereka pelajari di jalan keluar dari keadaan yang sulit.

Salah satu buku favorit tentang pengelolaan uang adalah Total Money Makeover karya Dave Ramsey. Di dalamnya, Ramsey menguraikan proses yang mudah diikuti yang dia gunakan untuk keluar dari hutang lebih dari $ 350.000.

Beberapa buku bagus lainnya tentang pengelolaan uang dan investasi adalah Money: Master the Game oleh Tony Robbins, dan untuk sesuatu yang sedikit lebih mudah didekati, lihat Broke Millenial oleh Erin Lowry.

Langkah 2: Tetapkan Anggaran

Cara paling ampuh untuk menabung atau membayar utang adalah dengan menetapkan anggaran. Ya, mungkin terdengar membosankan, atau bahkan mungkin menakutkan, tetapi memahami ke mana uang Anda pergi sangat penting dalam mencapai tujuan keuangan apa pun yang Anda miliki.

Agar lebih mudah dalam menetapkan anggaran, aplikasi Every Dollar dapat membantu Anda. Dalam menetapkan anggaran, penting bagi Anda untuk memulai dengan apa yang Anda hemat. Setelah Anda mengalokasikan anggaran untuk tabungan Anda, maka Anda menyisihkan dana untuk tagihan, hutang, dan hal-hal menyenangkan.

Anda mungkin menghabiskan anggaran Anda dalam beberapa bulan pertama, tetapi tetaplah melakukannya. Kami telah menemukan bahwa penganggaran adalah praktik, dan Anda akan menjadi lebih baik semakin sering Anda melakukannya. Segera, itu menjadi tantangan yang menyenangkan untuk melihat seberapa banyak Anda dapat menabung setiap bulan atau seberapa cepat Anda dapat membayar hutang Anda.

Dan ketika Anda telah mencapai titik itu, Anda akan berada dalam posisi lebih pecaya diri, rasanya menyenangkan dan sepadan dengan apa yang Anda lakukan.

Langkah 3: Siapkan Dana Darurat

Saat Anda menyiapkan anggaran, buatlah dana darurat.

Aturan yang baik untuk seberapa besar dana Anda seharusnya adalah tiga sampai enam bulan biaya hidup. Ini membantu mengurangi risiko kehidupan sehari-hari Anda nanti. Jika tanpa diduga-duga Anda dipecat, Anda akan memiliki beberapa bulan untuk mengurangi beban biaya hidup Anda dan menemukan sesuatu yang berbeda.

Dana darurat memiliki keuntungan di luar keamanan. Memiliki sejumlah uang yang ditabung juga akan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan peluang yang datang. Jika ada usaha bisnis baru yang ingin Anda coba, tetapi Anda perlu beberapa bulan untuk benar-benar mencobanya, Anda punya pilihan.

Dana darurat Anda dapat menciptakan peluang yang dapat melipatgandakan kekayaan Anda, atau setidaknya memungkinkan Anda untuk bermanuver lebih dekat ke kehidupan ideal Anda.

Langkah 4: Tabungan dan Investasi

Bunga majemuk disebut keajaiban dunia di dalam kedelapan.

Inilah alasannya:

Mungkin saja seseorang yang menghasilkan $40.000 per tahun bisa menjadi jutawan. Bagaimana? Dengan menabung 10% dari setiap gaji dan menginvestasikannya.

Jika investasi tumbuh pada rata-rata pasar historis sebesar 8% setiap tahun, dalam 40 tahun, Anda akan memiliki $1,2 juta dolar. Ini matematika sederhana, dan sepertinya cukup bisa dilakukan, bukan?

Saham dan obligasi cukup mudah untuk diinvestasikan, cukup buka rekening perantara dengan salah satu perusahaan besar dan Anda bisa memulainya di minggu yang sama (walaupun kami menyarankan Anda membaca beberapa buku investasi sebelum memulai).

Sementara real estat secara historis menjadi penghasil yang konsisten, itu bisa sulit untuk dilakukan. Untungnya, ada sesuatu yang disebut REIT, atau Real Estate Investment Trust.

Sampai REIT muncul, investasi real estat berarti Anda membeli properti dan merenovasi atau mempertahankannya sampai nilainya dihargai. Tapi REITs menawarkan kemampuan untuk membeli saham dalam perkembangan, yang menurunkan standar dan menghilangkan sakit kepala untuk membeli dan mengelola properti.

Bonus Langkah 5: Berikan

Yap, langkah kelima mungkin sedikit kontra-intuitif.

Anda mungkin bertanya, “Bagaimana saya bisa membangun keuangan saya dengan memberikan sebagian darinya?” Memberi berdampak pada seberapa banyak yang Anda terima. Kedengarannya aneh, bukan? Beberapa memberikan 10% untuk gereja mereka, yang lain menyumbang untuk amal dan tujuan. Banyak yang percaya bahwa ada alasan spiritual untuk melakukannya, tetapi itu adalah diskusi untuk hari lain.

Studi menunjukkan bahwa orang yang memberikan sebagian uang mereka untuk amal dan organisasi melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Di luar itu, hidup dengan pendapatan yang lebih sedikit dari yang Anda hasilkan menciptakan perasaan berkelimpahan.

Mengetahui bahwa Anda memiliki lebih dari yang Anda butuhkan dapat menuntun pada kemampuan Anda untuk melihat lebih banyak peluang, mengambil risiko lebih besar, dan pada akhirnya menumbuhkan lebih banyak kesuksesan.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, ambil persentase dari gaji Anda berikutnya dan berikan pada sesuatu yang Anda yakini. Bagaimana perasaan Anda?

Bisakah Anda Mengelola Keungan Anda Nantinya?

Mengelola uang Anda itu sederhana. Tapi tidak ada yang bilang itu mudah. Lima langkah yang diuraikan di atas dapat mengubah hidup Anda, tetapi hanya dalam beberapa tahun. Kemajuannya akan terasa lambat, dan banyak yang akan menyerah sebelum hasil besar mulai mengalir.

Jadi teruslah memoles fundamental keuangan Anda. Baca ulang buku keuangan pribadi favorit Anda setahun sekali, atau temukan podcast yang membuat Anda bersemangat. Dan dengan berinvestasi, otomatisasi prosesnya.

Latih langkah-langkah ini setiap bulan, dan dalam beberapa tahun, Anda akan melihat dampak besar pada laba Anda. [shf/asl/timBX]

Tags :

#
tips memanage keuangan,
#
cara memanage keuangan,
#
tips pria,
#
tips