MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Laptop Awet? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini (Bagian 1)

APR 29, 2019@16:42 WIB | 62 Views

Tak ada yang abadi di dunia ini, apalagi teknologi (termasuk laptop). Tapi tentunya kita ingin laptop kita dapat bertahan selama anggaran membeli yang laptop baru belum kita dapatkan. Atau setidaknya kita dapat berpisah dengan cara baik-baik. Maksudnya, sebelum laptop kita rusak, kita sudah memiliki laptop yang baru, membuat cadangan data sehingga kita siap sewaktu-waktu kita harus berpisah dengannya. Untuk itu, jauhi kebiasaan-kebiasaan ini agar laptop Blackpals dapat awet dan bisa menemani Blackpals dalam bekerja hingga Blackpals dapat membeli laptop yang baru.

Meletakkan laptop di tempat yang panas.

Jangan sekali-kali meletakkan laptop di tempat yang panas. Hawa panas akan mengurangi usia pakai hard disk dalam laptop Blackpals. Prosesor, kipas, dan baterai juga akan berumur pendek jika selalu berada di tempat yang panas. Hal ini akan membuat laptop Blackpals mendesis saat disentuh.

Mengabaikan kebersihan dan keselamatan laptop.

Selalu bersihkan debu di laptop Blackpals. Jika Blackpals bisa menjaganya dari debu, komponen di dalam laptop akan bekerja dalam waktu yang lama. Selain itu, jangan meletakkan laptop di atas selimut atau atau bantal, yang menghalangi aliran udara di bawah laptop. Letakkan laptop pada permukaan yang rata saat Blackpals menggunakannya. Jika Blackpals sewaktu-waktu ingin memangkunya, pastikan pangkuan Blackpals bebas dari selimut atau apa pun yang dapat menghalangi aliran udara.  Satu lagi, jangan sekali-kali meletakkan laptop di tempat yang mudah ambruk, seperti meja tua yang memungkinkan kakinya patah dan laptop Blackpals jatuh atau mengalami goncangan. Hal ini dapat menyebabkan hard disk Blackpals tidak dapat berfungsi. Jangan pula meletakkan laptop di atas meja makan yang memungkinkan Blackpals menumpahkan air di atasnya. Segala kemungkinan bisa terjadi, bagaimanapun upaya Blackpals untuk berhati-hati. Maka letakkanlah laptop di tempat yang aman.

Cuek dengan kabel adaptor laptop.

Habis manis, sepah dibiarkan. Begitulah kebanyakan orang memperlakukan kabel adaptor. Setelah laptop diisi dayanya, kabel dilepaskan dari laptop tapi di biarkan menggantung di steker. Padahal bukan hanya laptop membutuhkan perhatian, kabel adaptornya pun demikian. Adaptor yang tidak diperhatikan tidak hanya dapat membuatnya tidak dapat berfungsi maksimal, tetapi juga dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Lepaskan adaptor dari steker, saat Blackpals selesai ngecharge. Saat menggulungnya dan ingin menyimpannya, jangan membungkusnya terlalu kencang, yang membuat kabelnya cepat putus.

[hsn/timBX]

Tags :

#
black tips,
#
laptop awet,
#
tips teknologi