MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengosongkan Ruang di Apple Watch

FEB 06, 2021@17:00 WIB | 161 Views

Tidak seperti iPhone, iPad, atau komputer Mac Apple, Apple Watch hanya ditawarkan dalam satu konfigurasi penyimpanan. Bergantung pada model, jadi ini dapat bervariasi. Misalnya, Jam Tangan Apple lama seperti model basic Seri 3 hanya dilengkapi dengan penyimpanan 8GB, sedangkan model Apple yang lebih baru seperti Seri 5 menawarkan penyimpanan 32GB.

Sekarang, mengingat bahwa tidak selalu menggunakan jam tangan pintar seperti yang digunakan pada ponsel cerdas, dapat dimengerti bahwa saat ini  tidak benar-benar membutuhkan penyimpanan sebanyak itu. Namun, seiring waktu, semakin banyak aplikasi, foto, atau musik yang disinkronkan ke jam tangan, maka jam tangan dapat bertambah dengan cepat dan mungkin menghabiskan ruang.

Periksa Penyimpanan yang Tersedia

Jika ingin tahu berapa banyak ruang yang dimiliki arloji Anda atau berapa banyak ruang yang tersisa, itu cukup mudah.

1. Luncurkan aplikasi Tonton di iPhone Anda

2. Buka Umum > Tentang

3. Anda sekarang harus melihat berapa banyak ruang yang dimiliki arloji Anda, berapa banyak yang tersisa, dan aplikasi atau file media mana yang menggunakan ruang itu

Atau Anda juga dapat memeriksa ruang penyimpanan di Apple Watch itu sendiri.

1. Tekan mahkota digital

2. Luncurkan aplikasi Pengaturan

3. Buka Umum> Penggunaan

Mengosongkan Ruang

Jika Anda merasa menggunakan lebih banyak ruang daripada yang Anda inginkan dan ingin mengosongkan penyimpanan, Anda dapat memilih untuk menghapus aplikasi, musik, atau foto, tergantung mana yang menggunakan paling banyak ruang atau yang tidak. Sehingga perlu disinkronkan ke jam tangan Anda.

1. Menghapus Aplikasi

2. Luncurkan aplikasi Tonton di iPhone Anda

3. Di bawah "Diinstal di Apple Watch", lihat berbagai aplikasi yang diinstal di jam tangan Anda

4. Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus

5. Nonaktifkan "Tampilkan Aplikasi di Apple Watch"

Perhatikan bahwa menghapus aplikasi dari jam tangan tidak menghapusnya dari ponsel, jadi Anda selalu dapat menginstalnya kembali nanti jika mau. Seperti halnya menghapus aplikasi perpesanan misalnya, tidak berarti Anda akan berhenti menerima notifikasi dari aplikasi tersebut. Ini hanya berarti bahwa interaksi Anda dengan aplikasi di ponsel Anda mungkin terbatas hanya pada pemberitahuan.

Menghapus Musik

1. Luncurkan aplikasi Tonton di iPhone Anda

2. Gulir ke bawah dan ketuk Musik

3. Gesek ke kiri pada lagu yang ingin Anda hapus dari Apple Watch

4. Alternatifnya, Anda juga dapat menonaktifkan "Musik Terbaru"

Foto Unsync Dari iPhone Anda

1. Luncurkan aplikasi Tonton di iPhone Anda

2. Pilih Foto

3. Ketuk Album Tersinkron dan pilih Tidak Ada

4. Atau, jika Anda ingin menyinkronkan beberapa foto tetapi membatasi jumlah foto, pilih Batas Foto dan pilih jumlah foto maksimum yang Anda izinkan. Saat ini tidak ada opsi untuk memilih Tidak Ada atau 0. Yang dapat Anda lakukan adalah 25 foto.

Tidak Cukup Penyimpanan Untuk Menginstal Pembaruan watchOS Terbaru?

Sekarang mungkin Anda mengalami masalah ketika tidak memiliki cukup penyimpanan untuk memasang pembaruan watchOS terbaru. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang di atas untuk mencoba dan mengosongkan penyimpanan sebanyak mungkin sebelum Anda memasang pembaruan. Tetapi jika tidak berhasil, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Restart Jam Tangan Anda

1. Tekan dan tahan tombol daya di jam tangan Anda

2. Geser untuk mematikannya

3. Tunggu beberapa detik hingga jam tangan mati

4. Tekan dan tahan lagi tombol daya untuk menyalakannya kembali

Unpair Jam Tangan Anda

1. Luncurkan aplikasi Tonton di iPhone Anda

2. Ketuk Semua Jam Tangan di pojok kiri atas

3. Pilih jam tangan yang ingin Anda lepas sambungannya

4. Ketuk tombol “i”

5. Ketuk "Lepaskan Apple Watch"

Anda harus melalui proses penyiapan lagi untuk menyandingkan kembali jam tangan dengan iPhone. Saat Anda melakukannya, pilih untuk mengaturnya sebagai jam tangan baru. Ikuti instruksi untuk memasangkan jam tangan Anda dan kemudian coba untuk menginstal pembaruan terbaru.

Atur Ulang Pabrik Arloji Anda

Jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu menghapus Apple Watch Anda sepenuhnya untuk memastikan kapasitas penyimpanan maksimum tersedia.

1. Luncurkan aplikasi Tonton di iPhone Anda

2. Ketuk Umum> Atur Ulang

3. Pilih "Hapus Konten dan Pengaturan Apple Watch"

Mirip dengan membatalkan pemasangan, Anda harus melalui proses memasangkan jam tangan dengan iPhone Anda lagi. Ini metode yang paling mudah untuk memperbaiki masalah tidak cukupnya ruang untuk menginstal watchOS terbaru. Meski sedikit ekstrim, tetapi tampaknya memberikan hasil terbaik.

Anjurannya adalah Anda mencoba langkah-langkah di atas terlebih dahulu sebelum mencoba pilihan terakhir. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
apple watch,
#
tips,
#
tips apple watch,
#
mengosongkan ruang apple watch